Sebagai tindak lanjut kerja sama antara Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dengan Universitas 17 Agustus (UNTAG) Semarang, Fakultas Hukum (FH) dan Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor sepakat perkuat sinergisitas dengan Fakultas Hukum (FH) UNTAG Semarang secara lebih erat melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), Senin (24/1/2022) di Hotel Salak Heritage, Bogor.

Kerja sama yang dijalin melingkupi bidang penguatan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta Pancadarma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, Profesionalitas dan Ketauhidan.

Direktur Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si mengatakan, dalam hal peningkatan kerja sama perlu adanya tindaklanjut sebagai upaya mengimplementasikan apa yang sudah tertuang dalam naskah kerja sama. Sehingga, diharapkan adanya dampak yang membawa keberkahan dan kebaikan bagi seluruh pihak.

“Kerja sama ini bertujuan untuk menjalin kerja sama terutama di bidang publikasi ilmiah, kemudian di bidang penelitian bersama, termasuk juga reviewer untuk jurnal scopus. InshaAllah mudah-mudahan dengan kerja sama ini kita bisa saling belajar, khususnya bagaimana meningkatkan kualitas program studi yang mana jika dilihat program magister dan doktoral hukum di UNTAG Semarang berada di bawah Fakultas Hukum,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FH UNIDA Bogor Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH mengemukakan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut yang mana FH UNIDA Bogor dan FH UNTAG Semarang adalah anggota Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI).

“Kami berharap bisa melaksanakan agenda pancadarma guna peningkatan kinerja program studi hukum baik untuk UNIDA Bogor juga bagi UNTAG Semarang, semoga beberapa agenda bermanfaat dan sharing ilmu untuk pengembangan Ilmu Hukum dapat dilaksanakan,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Prof. Dr. Edy Lisdiono, SH. M. Hum selaku Dekan FH UNTAG Semarang menyampaikan, melalui kerja sama ini diharapkan selain dapat mempererat tali silaturahmi diantara kedua belah pihak, juga dapat menjadi momentum positif bagi kemajuan bersama.

"Kerja sama ini akan kita wujudkan melalui kegiatan-kegiatan yang tentunya saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, seperti kegiatan penulisan karya ilmiah, pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, pertukaran pelajar maupun dosen, serta kegiatan lainnya yang dapat mendukung kemajuan bersama," ungkapnya.