Sebagai bentuk tindaklanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Djuanda (UNIDA) dengan Pemerintah Kota Bogor, Fakultas Pertanian (FAPERTA) dan Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) UNIDA menandatangani naskah perjanjian kerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, pada Kamis (24/3/2022) di Ruang Senat, Kampus UNIDA, Bogor.

Kegiatan penandatanganan kerja sama ini dihadiri oleh Wakil Rektor II UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH, Dekan FAPERTA UNIDA, Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si, Dekan FIPHAL UNIDA, Dr. Ir. Helmi Haris, MS, beserta para dekan lainnya. Sementara dari DKPP Kota Bogor dihadiri langsung oleh Kepala DKPP Kota Bogor Drs. Anas S. Rasmana, M.M dan jajarannya.

Adapun ruang lingkup kerja sama yang dijalin terkait dengan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diantaranya meliputi kegiatan magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN), penelitian bersama, dan pengabdian kepada masyarakat.

Wakil Rektor II UNIDA, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan  selamat datang kepada delegasi DKPP Kota Bogor yang berkunjung ke Kampus UNIDA. Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH berharap melalui kerja sama yang dijalin dapat lebih mengeratkan hubungan silaturahmi antara UNIDA dengan DKPP Kota Bogor guna meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya yang dimiliki.

“Kami ucapkan selamat datang di Universitas Djuanda, Kampus Bertauhid. Kami berharap kerja sama ini tidak hanya sekedar penandatanganan saja, tetapi ada implementasinya yang berdampak positif bagi seluruh pihak. Semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan baik sesuai harapan kita bersama,” tutur Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH.

Kepala DKPP Kota Bogor, Drs. Anas S. Rasmana, M.M menyambut baik kerja sama yang dilakukan. Tentu di tengah menuju endemi, kolaborasi merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan seluruh aktivitas agar memperoleh recovery yang maksimal, baik itu sosial, budaya, dan ekonomi.

“Merupakan suatu kehormatan bagi DKPP Kota Bogor untuk bisa bekerja sama dalam pengembangan institusi. Ada beberapa program implementasi yang menurut kami dapat dikerja samakan. Diantaranya, kami pun memerlukan masukkan untuk melakukan riset yang lebih baik. Dari UNIDA juga mungkin bisa mengambil hal-hal yang bersifat empiris dan aplikatif untuk dapat dijadikan bahan-bahan pengajaran kepada para mahasiwa agar tidak hanya menambah knowledge tetapi juga mampu memiliki skill dan penguasaan teknologinya,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FAPERTA UNIDA, Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si mengatakan, dengan sumber daya yang dimiliki, kolaborasi akan dapat lebih jauh saling memberikan kebermanfaatan bagi DKPP Kota Bogor maupun UNIDA.

Tentu saja ini akan sangat luar biasa ketika kita mensinkronisasi program MBKM ini dengan kebutuhan yang ada di DKPP Kota Bogor,” ujarnya pada saat memberikan sambutan.

Senada dengan hal tersebut, Dekan FIPHAL UNIDA, Dr. Ir. Helmi Haris, MS juga mengungkapkan harapannya terkait dengan kerja sama yang dijalin. Penandatangan naskah kerja sama menjadi bagian penting untuk menandai secara resmi upaya saling mengembangkan institusi dengan kolaborasi dan sinergi.

“Besar harapan kami, dengan membuka jalan ini, ke depannya bisa berkolaborasi terutama dalam hal pengujian-pengujian sistem jaminan pangan halal,” ungkapnya.