Fakultas Ekonomi Islam (FEI) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan kegiatan lokakarya serta penglepasan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting, Selasa (31/8/2021). Kegiatan lokakarya dan penglepasan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, Dekan FEI UNIDA Bogor Andy Lasmana, SE., MM dan jajaran, serta diikuti oleh para mahasiswa peserta KKN yang disebar di wilayah Desa masing-masing.

Dekan FEI UNIDA Bogor, Andy Lasmana, SE., MM dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan KKN ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai bagian dari tri darma perguruan tinggi. Dalam pelaksanaannya, ada 39 mahasiswa peserta KKN yang sudah dibagi ke dalam 7 kelompok. Nantinya, para mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi penuh untuk dapat membantu masyarakat khususnya pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Karena saat ini kita belum lepas dari pandemi, maka menjadi penting untuk tetap menerapkan prokes dimanapun berada. Gunakan masker, terutama membawa perlengkapan kesehatan yang menjadi kebutuhan pribadi. Kemudian tak kalah penting, Jadilah duta almamater UNIDA Kampus Bertauhid yang menjadi corong positif, tunjukkan dan buktikan bahwa mahasiswa UNIDA betul-betul memiliki 21 Nilai Karakter Tauhid. Pahami dan implementasikan 21 Nilai Karakter Tauhid itu dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Wakil Rektor I Dr. Ir. Ristika Handarini, MP yang mewakili Rektor UNIDA Bogor menuturkan, secara akademik kegiatan KKN menjadi kewajiban bagi seluruh program studi di lingkungan UNIDA Bogor. Tujuan diselenggarakannya KKN yakni diharapkan para mahasiswa dapat meningkatkan wawasan dan juga softskill yang sangat dibutuhkan. Ketika terjun di masyarakat, mahasiswa akan diuji secara praktis terkait dengan apa yang dipelajari di dalam perkuliahan.

“Di tengah pandemi saat ini, tentu kita ingin tujuan diselenggarakannya kegiatan KKN dapat berjalan lancar karena ini merupakan program berkelanjutan. Kami sebagai orang tua berpesan bahwasanya kehadiran para mahasiswa peserta  KKN ini di tengah masyarakat tentu sebagai representasi mahasiswa UNIDA, apapun latar belakang prodinya. Maka diharapkan mahasiswa berkewajiban menjaga nama baik almamater dimanapun,” tuturnya.

Sesi selanjutnya, dilaksanakan lokakarya dari setiap kelompok. Salah satu kelompok dari Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor memaparkan rencana program yang akan dilaksanakan.

“Dalam program kelompok kami ini dibagi menjadi beberapa sektor, yakni sektor kesehatan, seperti membantu pelaksanaan vaksinasi, sosialisai pola hidup normal, khususnya persiapan siswa pembelajaran tatap muka. Kemudian di sektor lingkungan, yaitu terkait dengan penataan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Lalu di sektor pendidikan, sektor keagamaan, serta sektor pemberdayaan ekonomi,” papar M. Romi Apriliansyah, Ketua Kelompok Desa Wates Jaya.