Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitul Hamdi Pondok Pesantren Mahasiswa Bina Tauhid (PP Mabit) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan Shalat Gerhana Bulan atau Shalat Khusufil Qomar pada Rabu (26/5/2021) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Shalat Khusufil Qomar ini dilaksanakan di Masjid Baitul Hamdi setelah shalat Maghrib sekitar pukul 18.40 WIB sesuai dengan perkiraan gerhana bulan secara total. Sebelumnya, disampaikan terlebih dahulu tata cara pelaksanaan mengenai Shalat Khusufil Qomar oleh Ustadz Arif Irawan, S.Ag., MA, selaku pimpinan PP Mabit UNIDA Bogor, kemudian dilanjut dengan pelaksanaan shalat yang di pimpin oleh Imam Ustadz Zaylani Hanifah Al-Hafidz, adapun yang bertindak sebagai khatib ialah Ustadz Rendi Ramdhani, S.Pd., M.Pd.

Dalam penyampaian khutbahnya, Ustadz Rendi Ramdhani, S.Pd., M.Pd mengatakan, fenomena gerhana bulan merupakan fenomena yang sangat langka, hal ini menjadi tanda kekuasaan Allah SWT yang sangat menakjubkan. Maka sudah seharusnya sebagai umat muslim yang beriman di-sunnahkan untuk mendirikan shalat sebagaimana apa yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

“Pada kesempatan yang sangat fenomenal ini, kami wasiatkan kepada diri kami dan juga kepada jamaah khutbah shalat gerhana sekalian untuk senantiasa meningkatkan kualitas iman dan takwa kita kepada Allah ‘azza wajalla. Keimanan dan ketakwaan baik dalam keadaan tersembunyi menyendiri, atau pun dalam keadaan tampak dan terbuka di hadapan khalayak manusia. Sungguh, tiada yang lebih mulia bagi hamba-hamba Allah ‘azza wajalla kecuali hidup dalam keadaan beriman dan bertakwa,” tuturnya.

“Tanpa iman dan takwa, kita hanyalah seperti debu-debu beterbangan yang tiada guna. Tanpa iman dan takwa, kita hanyalah gumpalan daging dan tulang yang berjalan tanpa arah. Tanpa iman dan takwa, kita hanyalah menjadi manusia calon-calon penghuni neraka. Wal ‘iyadzu billah. Maka, mari kita jaga keimanan dan ketakwaan yang telah tertancap dalam relung-relung sanubari kita dengan seluruh upaya kesungguhan dan pengorbanan kita,” tambah Ustadz Rendi Ramdhani, S.Pd., M.Pd.

Shalat sunnah ini berlangsung selama kurang lebih 20 menit sampai menjelang waktu Isya. Setelah selesai khutbah lalu ditutup dengan doa dan shalat Isya berjamaah.