Dalam rangkaian kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2021, Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor mengundang Guru Besar Hukum Administrasi Negara Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, SH., MH sebagai dosen tamu dalam kegiatan Visiting Lecturer bertajuk "Peningkatan Kualitas Pembelajaran dalam Kelas dan Kemitraan Program Studi melalui Program Visiting Lecturer" yang dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom Cloud Meeting, Jum?at (10/12/2021).

Ketua Tim Task Force PKKM FH UNIDA Bogor, Dr. (Cand) Ani Yumarni, SH., MH menuturkan, kegiatan visiting lecturer ini merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan PKKM yang dilaksanakan. Dalam kesempatan ini, FH UNIDA Bogor mengundang para pakar di bidangnya untuk menjadi dosen tamu pada mata kuliah dasar yang berkaitan.

?Pertama, terima kasih yang tak terhingga kepada Profesor Ayu yang sudah berkenan hadir secara daring untuk berbagi wawasan dalam bidang Hukum Administrasi Negara. Alhamdulillah, ini kesempatan baik bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti kegiatan yang dihadiri oleh para pakar di bidangnya, khususnya dalam bidang mata kuliah dasar sebagai salah satu bekal setelah lulus,? tuturnya.

?Selain itu, kegiatan visiting lecturer kita lakukan untuk meningkatkan mutu lulusan pada beberapa tahun yang akan datang. InsyaAllah kegiatan visiting lecturer tidak terhenti di semester ganjil ini saja, namun di semester genap nantinya juga kita akan mendatangkan para pakar khususnya di mata kuliah dasar tersebut,? tambah Dr. (Cand) Ani Yumarni, SH., MH yang juga merupakan Wakil Dekan II FH UNIDA Bogor.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FH UNIDA Bogor Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbudristek RI, para pimpinan UNIDA Bogor dan Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI), para dosen dan Tim Task Force PKKM FH UNIDA Bogor, serta semua pihak yang terlibat mendukung dan menyukseskan setiap rangkaian kegiatan PKKM yang diselenggarakan.

Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH mengatakan, kegiatan visiting lecturer merupakan bagian dari upaya FH UNIDA Bogor mencetak mahasiswa serta lulusan yang kompeten dan berdaya saing di era saat ini dengan mengundang para pakar untuk berbagi pengetahuan, wawasan maupun pengalaman kepada para mahasiswa.

?Kegiatan kunjungan dosen-dosen tamu ini salah satu hal yang sangat penting untuk mencapai IKU yang ditargetkan. Bagi para mahasiswa, semangat mengikuti kegiatan ini, catat dan pahami ilmu yang diberikan oleh Prof Ayu sebagai modal untuk meningkatkan kualitas diri,? ujarnya.

Sementara itu pada sesi pemaparan, Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, SH., MH menjelaskan, berbagai dinamika telah mewarnai perjalanan hukum administrasi di Indonesia. Termasuk dalam dimensi pengaturan tindakan pemerintah serta pedoman pemerintah dalam menggunakan wewenangnya.

Secara umum, Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, SH., MH telah menuangkan gagasan terkait dengan hukum administrasi negara ke dalam sebuah buku yang baru dirilisnya.

?Pada abad ke-21 ini, banyak kebaruan dalam hukum administrasi negara. Diharapkan buku yang diberi judul Hukum Administrasi Perspektif Pancasila ini menjadi bahan diskusi dan juga inspirasi bagi mahasiswa S1, S2, S3 maupun pemerhati hukum administrasi negara,? ujarnya mengawali pembahasan.

Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, SH., MH mengemukakan, yang menjadi pembeda dengan buku lainnya ialah nilai-nilai pancasila yang tertuang. Hal ini sebagai langkah untuk menyerasikan jalinan pancasila dan hukum itu sendiri yang diharapkan dapat mewujudkan kaidah hukum administrasi sesuai dengan perspektif pancasila.

?Konsekuensi pancasila sebagai dasar negara mencakup pula penempatannya sebagai kadiah ideologi hukum. Peran ini terakomodir dengan konsekuensi harus melekat dan hadirnya pancasila dalam keseluruhan sistem hukum Indonesia,? paparnya.