Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Pelepasan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bisa Desa Tahun 2021 Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung dan Desa Pancawati Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor yang digelar secara hybrid antara daring menggunakan apikasi Zoom Cloud Meetings dan secara luring di Aula FH UNIDA Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dalam pelepasan ini ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH beserta jajaran dan diikuti perwakilan Desa Sukamanah dan Desa Pancawati serta diikuti oleh mahasiswa yang mengikuti program KKN MBKM FH UNIDA Bogor.

Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP. dalam pemaparan sambutannya menyatakan bahwa secara akademik KKN merupakan kewajiban dan harus dilaksanakan di setiap prodi termasuk di FH unida Bogor. Tentunya dengan KKN ini dapat melatih softskill dari mahasiswa dan meningkatkan kemampuan komunikasi kepada masyarakat dan masyarakat dapat merasakan manfaat serta mahasiswa dapat belajar secara langsung di masyarakat dan mengimplementasikan ilmu yang di dapat dari perkuliahan sehingga ilmu yang didapat mahasiswa di universitas dapat diterapkan di kehidupan bermasyarakat. Dengan MBKM ini khususnya PKKM ini kegiatan KKN ini dikonversikan dengan SKS sehingga KKN ini menjadi sangat penting dan wajib dilaksanakan.

“dikarenakan KKN ini berlangsung bersamaan dengan masa pandemi maka KKN ini harus menyesuikan dengan protokol kesehatan dan tidak melanggar peraturan yang berlaku sehingga KKN di masa pandemi dapat terus dijalankan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan selalu dalam pengawasan sehingga KKN nantinya berjalan lancar. Dan diharapkan juga mahasiswa KKN FH UNIDA Bogor nanti dapat selalu membawa diri seperti belaku sopan, ramah dan dapat menjadi representasi dari UNIDA Bogor Kampus Bertauhid,” tutur Dr. Ir. Ristika Handarini, MP.

Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan PKKM FH UNIDA Bogor ini maka KKN FH UNIDA Bogor ini terlaksana karena pada dasarnya KKN ini masuk pada program PKKM yang diselenggarakan FH UNIDA Bogor, harapannya dengan kegiatan KKN ini maka akan memajukan kualitas mahasiswa FH UNIDA Bogor dan mahasiswa FH UNIDA Bogor tentunya akan banyak memberikan dampak positif dan manfaat kepada masyarakat. Mahasiswa magang jangan dilupakan syarat dari KKN ini seperti mahasiswa harus tetap mengisi logbook kegiatan sehari-hari dalam KKN dan mahasiswa KKN dapat membuat luaran yang manfaat untuk masyarakat yang mahasiswa KKN harus mencari masalah yang sedang terjadi lalu mahasiswa memberikan solusi terbaik sehingga KKN ini dampaknya akan terasa oleh masyarakat.

“Banyak masalah yang terjadi di masyarakat, seperti pernikahan dini, kesehatan lingkungan khususnya dalam masa pandemi dan masalah lainnya yang berkaitan dengan hukum khususnya karena kehidupan manusia sangat erat kaitannya dengan hukum dan dimana manusia selalu tidak bisa dipisahkan dengan hukum mulai dari lahir hingga akhir hayat manusia. KKN ini diharapkan dapat meningkatkan dan memajukan kualitas diri dari mahasiswa KKN dan tentunya harus menjadi representasi UNIDA Bogor yang baik serta harus selalu menerapkan 21 karakter bertauhid yang dimiliki oleh UNIDA Bogor,” ungkap Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH.

Kepala Desa Sukamanah, Ismail, S.Ip., M.Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa nantinya tempat KKN yaitu salah satunya Desa Sukamanah yang terletak di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor yang tentunya termasuk dalam jalur pariwisata puncak oleh karena itu mahasiswa KKN diharapkan dapat ikut serta dalam memajukan Desa Sukamanah dan diharapkan dapat banyakj memecahkan permasalahan yang ada di Desa Sukamanah.

“Selamat kami ucapkan dari Desa Sukamanah untuk pelaksanaan KKN di desa kami yang semoga dilancarkan dalam segala pelaksanaannya. Banyak program yang dimiliki oleh Desa Sukamanah dalam upaya memajukan desa termasuk Desa Sukamanah Mencetak Sarjana yang dimana warga yang kurang mampu dikuliahkan oleh Pemerintah Desa Sukamahi dengan biaya desa dan nantinya semoga mahasiswa KKN FH UNIDA Bogor ini bisa ikut serta untuk membuat program-program yang baru untuk kemajuan Desa Sukamanah,” ungkap Ismail, S.Ip., M.Si.

Sekretaris Desa Pancawati, Asnawi,SH. dalam sambutannya menyatakan bahwa Desa Pancawati menyambut baik dengan adanya KKN di Desa Pancawati yang diharapkan KKN nanti bisa berjalan dengan baik dan berjalan dengan lancar sehingga dapat memberikan dampak dan manfaat untuk Desa Pancawati.

“Selamat datang kepada mahasiswa KKN FH UNIDA Bogor, kami menyambut baik mahasiswa KKN FH UNIDA Bogor, mari kita bekerjasama atau berkolaborasi untuk memajukan Desa Pancawati,” pungkas Asnawi, SH.