Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMATEPA) Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Gerbyar HIMATEPA 2020 yang mengusung tema "Increasing Community Awareness About Their Food and Sell it to Self Income". Kegiatan tersebut termasuk dalam rangkaian Milad ke-33 UNIDA Bogor dan Milad HIMATEPA yang bertempat di Aula Gedung C UNIDA Bogor dan dihadiri oleh Wakil Rektor III, Ir. Himmatul Miftah, M.Si., Dekan FIPHAL UNIDA Bogor, Ir. Amar Maruf, M.Si. beserta jajaran. Dalam kegiatan ini juga diisi oleh Aminullah, S.TP., M.Si. selaku Wakil Dekan III FIPHAL UNIDA Bogor, Ir. Farida Khuriyati, MM. selaku PLT Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor.

Acara ini berjalan lurus dengan tujuan UNIDA Bogor yaitu menjadi entrepreneurial university dimana UNIDA Bogor focus mencetak job maker bukan hanya job seeker. Seperti yang disampaikan oleh Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si. dalam sambutan sekaligus pembukaan acara Gebyar HIMATEPA.

“Semoga acara ini bermanfaat. Dengan tema ini sangat sejalur dengan tujuan unida yang dimana unida mencetak job maker bukan job seeker. Dan kita sudah punya galeri inovasi, jadi para mahasiswa punya produk bisa dikomersialisasikan di galeri inovasi UNIDA Bogor sehingga galeri inovasi menjadi wadah pengembangan produk mahasiswa maupun dosen, manfaatkanlah galeri inovasi sebelum produk-produk dipasarkan ke pasar yang lebih luas. Marilah kita mendorong para mahasiswa dan dosen untuk berkreasi dan berproduksi dalam hal inovasi produk,” tutur Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si.

Acara ini merupakan acara rutin tahunan FIPHAL dan dengan acara ini kita dapat menyuarakan makanan halal kepada masyarakat untuk kebaikan seluruh manusia. Seperti yang diutarakan oleh Ir. Amar Maruf, M.Si. dalam sambutannya.

“Dengan isu yang sedang terjadi kali ini di dunia. Mari kita suarakan makanan halal dan toyyiban sesuai dengan konsen kita ke seluruh dunia karena dengan makanan halal kita bisa terhindar dari hal-hal buruk atau bencana bagi seluruh manusia. Dan sebagai insan FIPHAL harus  dapat mengembangkan makanan halal dan toyyib di Indonesia dan dunia,” ungkap Ir. Amar Maruf, M.Si.

Gebyar HIMATEPA ini merupakan acara yang juga untuk bertasyakur atas milad UNIDA Bogor dan Milad HIMATEPA sendiri dan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap makanan yang dikonsumsi. Sepertu yang disampaikan Ketua HIMATEPA FIPHAL UNIDA Bogor. Allief Liandy Sukma dalam sambutannya.

“Acara ini berbarengan dengan Milad ke-33 UNIDA Bogor dan milad HIMATEPA sendiri dan tentunya untuk bertasyakur atas milad UNIDA dan HIMATEPA. Dan tujuan dari Gebyar HIMATEPA ini yaitu untuk meningkatkan kepedulian kita sebagai insan FIPHAL terhadap makanan yang dikonsumsi oleh diri sendiri dan juga masyarakat serta  bertujuan untuk memajukan industri lokal dan juga tentunya industri nasional,” pungkas Allief Liandy Sukma.

PLT Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, Ir. Farida Khuriyati, MM. dalam penyampaian materinya menyatakan bahwa kedaulatan pangan adalah hak Negara dan bangsa yang secara mandiri dapat menentukan kebijakan pangan yang menjamin ha katas pangan bagi rakyat dan yang memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan system pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal.

“Kita juga butuh keamanan pangan yang dimana kemanan yaitu kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu , merugikan dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan keyakinan dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi, tentunya sebagai mahasiswa pangan harus memperhatikan hal itu,” tutur Ir. Farida Khuriyati, MM. _FAI_