Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIDA Bogor selenggarakan Sosialisasi Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings (26/06). Sosialisasi ini diisi oleh Wakil Rektor I FISIP UNIDA Bogor, Irma Purnamasari,S.Sos., M.Si, Wakil Dekan III FISIP UNIDA Bogor, Muhammad Yusuf Seran, Drs., M.Si. dan Kepala Program Studi (Prodi) Sains Komunikasi FISIP UNIDA Bogor, Maria Fitriah, S.Sos., M.Si. serta dihadiri oleh Dekan FISIP UNIDA Bogor, Drs. Denny Hernawan, MA. beserta jajaran dan diikuti oleh mahasiswa semester 6 FISIP UNIDA Bogor.

Dekan FISIP UNIDA Bogor, Drs. Denny Hernawan, MA. dalam pemaparan sambutannya menyatakan ada kegiatan setelah semester genap yaitu ada Intership dan tentunya Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang saat ini sedang disosialisasikan, berdasarkan kurikulum 2018 yang dimana KKN menjadi program wajib setiap prodi termasuk juga prodi di FISIP UNIDA Bogor. Untuk pelaksanaan ini ada perubahan karena menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini untuk mengurangi resiko pandemi saat ini yang tadinya dikelola oleh universitas menjadi dikelola oleh fakultas untuk masa pandemi. 

“Sosialisasi ini akan menjelaskan substansi dan teknik bagaimana cara KKN saat ini. Diharapkan mahasiswa selalu menjaga diri saat pelaksanaan KKN nanti dan terutama dalam menaati protokol kesehatan dan selalu melakukan 5M. dan mahasiswa serta dosen pembimbing baiknya selalu berkomunikasi agar dalam pelaksaan KKN ini dapat berjalan lancar. Manfaatkan waktu secara efektif dan seefisien mungkin agar KKN dapat berjalan lancar dan baik. Kegiatan KKN ini menjadi ajang untuk membuka jaringan dan koneksi yang nantinya dapat menjadi bekal skripsi, baik data dan informasi yang didapat dari KKN ini dapat dipakai kembali untuk skripsi. Dan mahasiswa diharapkan dapat menjadi duta FISIP yang dapat memberikan citra baik di masyarakat,” tutur Drs. Denny Hernawan, MA.

Wakil Dekan II FISIP UNIDA Bogor, Irma Purnamasari, S.Sos., M.Si. menyatakan dalam pemaparannya menyatakan pemilihan tempat KKN ini diserahkan sepenuhnya kepada mahasiswa karena disarankan untuk tempat KKN ini berada di dekat tinggal mahasiswa masing-masing. Mata kuliah KKN  merupakan mata kuliah praktek (4 SKS). Mata kuliah ini berisikan pembekalan teori, praktek lapang dan mengadakan riset lapangan, output dari kegiatan KKN ini adalah laporan hasil KKN dan artikel nantinya. KKN ini juga wajib diikuti oleh setiap mahasiswa yang merupakan salah satu bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat luas. Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama satu minggu yang dimana mahasiswa diwajibkan mengisi logbook dan mengunggah kegiatan di media sosial mahasiswa tersebut, membuat laporan KKN dan juga diwajibkan menyusun artikel ilmiah. 

“Persyaratan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan KKN ini adalah terdaftar sebagai mahasiswa aktif, telah menempuh minimal 100 SKS dan lulus matkul KKL, IPK minimal 2,50, tidak sedang menjalani cuti akademik dan tentu memasukan mata kuliah KKN dalam SKS. Ada 3 mekanisme KKN secara garis besar yang pertama yaitu persiapan yang dimana persiapan untuk KKN diantaranya pendaftaran KKN, penentuan dosen pembimbing, studi pendahuluan dan penyusunan proram lapangan, mekanisme kedua yaitu pelaksanaan yang dimana kegiatan mahasiswa di lapangan untuk pelaksanaan KKN dan yang terakhir seminar hasil KKN,” tutur Irma Purnamasari, S.Sos., M.Si.

Wakil Dekan III FISIP UNIDA Bogor, Muhammad Yusuf Seran, Drs., M.Si dalam penyampaian materinya menyatakan hal-hal yang harus diperhatikan bahwa KKN kali ini masih sama dengan KKN tahun lalu yang masih bersifat individu bukan kelompok dan bersifat mandiri karena masih pandemi COVID-19. 

“Tempat KKN ini di Desa tempat tinggal mahasiswa untuk antisipasi MBKM nantinya, dan surat-surat perizinan harus diperhatikan oleh mahasiswa serta laporan KKN ini mahasiswa harus menyusun sesuai dengan sistematika yang sudah disediakan di Jurnal Governansi dan Jurnal Komunikatio yang dimiliki oleh FISIP UNIDA Bogor,” ungkap  Muhammad Yusuf Seran, Drs., M.Si.

Kepala Program Studi (Prodi) Sains Komunikasi FISIP UNIDA Bogor, Maria Fitriah, S.Sos., M.Si  dalam pemaparan materi menyatakan dalam KKN ini sudah serba online untuk pendaftaran pun dilaksanakan secara online. Dan awalnya mahasiswa disarankan untuk melakukan observasi awal dengan lokasi di tempat tinggal masing-masing yang dimana menjadi tempat KKN mahasiswa. Dalam KKN nanti diharapkan mahasiswa dapat membuat laporan yang judulnya kekinian dan sesuai dengan fakta yang sedang terjadi di lapangan yang tentunya menarik untuk dibahas. 

“Nantinya dalam segala kegiatan di KKN maka dilakukan secara daring dengan berbagai media yang sudah banyak digunakan dalam proses pembelajaran daring dan mahasiswa harus publikasi perihal laporan KKN mahasiswa nantinya di media massa, disarankan di media online,” pungkas Maria Fitriah, S.Sos., M.Si.