Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan kegiatan bertajuk "Bincang Bareng" bersama dengan Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd selaku Dosen Luar Biasa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pembina FKIP UNIDA Bogor, Senin (1/11/2021).

Mengangkat topik "Peran Aktif Dosen dalam Tridharma Perguruan Tinggi Berbasis MBKM: Peluang dan Tantangan" kegiatan ini dilangsungkan secara hybrid, yakni luring di Aula Gedung C Kampus UNIDA Bogor, serta daring melalui platform Zoom Cloud Meetings dengan diikuti oleh para dosen di lingkungan UNIDA Bogor.

Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd yang bersedia menjadi bagian dari UNIDA Bogor. Diharapkan Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd dapat menjadi uswah bagi para dosen serta dapat membantu para dosen dalam mengembangkan potensi diri.

Selamat datang Prof. Dr. Uman, selamat menjadi bagian dari Insan Universitas Djuanda Bogor Kampus Bertauhid. Semoga dengan hadirnya Prof. Dr. Uman dapat menjadi motivasi bagi para dosen, khususnya para dosen muda untuk selalu mau belajar agar lebih baik lagi,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH mengatakan, kegiatan bincang bareng ini bertujuan untuk memperkenalkan Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd yang akan dilantik secara resmi menjadi penasehat ahli bidang pendidikan tinggi Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI).

“Sengaja kami undang beliau, sekaligus untuk perkenalan bahwa beliau ini selaku penasehat pendidikan tinggi Yayasan PSPIAI. Selamat bergabung Prof. Dengan demikian UNIDA memiliki orang tua baru. Alhamdulillah, terima kasih prof. Mohon perkenan Prof. Dr. Uman untuk bisa memberikan bimbingan dan arahan bagi para dosen. Para dosen muda, ayo kita manfaatkan kesempatan ini," ujarnya.

Sementara itu Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd dalam sesinya menuturkan, para dosen harus dapat membuka diri, artinya harus siap menerima saran dan masukan. Dosen merupakan salah satu profesi yang membanggakan, karena kualifikasi akademik dan prestasi yang diraih bukan hanya untuk kepentingan pribadi, namun juga memberikan dampak bagi masyarakat luas secara umum dan bagi institusi secara khusus.

Lebih lanjut, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd berpesan agar para dosen dapat menunjukkan kemampuan diri dengan memanfaatkan potensi diri untuk meraih prestasi.

"Bicara kompetisi, tidak bisa hanya menjadi penonton, tapi harus menjadi pemain. Pada saat berkompetisi, tidak cukup hanya sebagai pemain, tapi juga harus menjadi pemenang. Maka Kalau kita punya kemampuan, tunjukan kemampuan kita, agar orang mengetahui, dan menghargai. Jadilah pemimpin untuk diri sendiri, jangan jadi loser. Oleh karena itu, jangan pernah pada saat kita diberi amanah merasa hanya karena paksaan. Kita jadi dosen itu harus mau belajar,” tuturnya.

"Dalam kesempatan ini saya mengucapkan syukur dan terima kasih kepada para pimpinan yang telah mempercayakan saya untuk menjadi bagian dari institusi ini. UNIDA mempunyai tempat tersendiri di hati saya. Semoga membawa keberkahan bagi kita semua," ungkapnya.