Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang bertajuk “Pemberdayaan Masyaarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Menuju Masyarakat Desa Mandiri” yang diselenggarakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings (22/7). Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FKIP UNIDA Bogor, Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I. beserta jajaran dan Kepala Bidang Prestasi Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan (DITMAWA) UNIDA Bogor, Ir. Nur Rochman, MP. Beserta jajaran serta diikuti oleh mahasiswa FKIP yang akan melaksanakan program KKN.

Dekan FKIP UNIDA Bogor, Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I. dalam sambutannya menyatakan bahwa pelaksanaan KKN pada saat ini dilaksaanakan dengan pendekatan individual dikarenakan menyesuaikan dengan kondisi pandemi dan berbasis daring serta tempat KKN diwajibkan dekat dengan tempat tinggal mahasiswa baru.

“KKN kali ini berbasiss AKB dan MBKM sesuai dengan kondisi pandemi saat ini.  KKN ini jangkauannya semakin luas dan manfaatnya semakin luas dikarenakan setiap mahasiswa yang melaksanakan KKN akan melaksanakan kegiatan KKN ini di tempat tinggal masing-masing sehingga lebih menyebar. Tentunya saya ucapkan selamat dan terima kasih atas kerjasama dosen pembimbing lapangan dan juga kepada mahasiswa selamat melaksanakan KKN dan semoga KKK berjalan lancar, sehat selalu dan menjalankan timeline sesuai dengan yang telah ditentukan,” tutur Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I.

Kepala Bidang Prestasi Mahasiswa DITMAWA UNIDA Bogor, Ir. Nur Rochman, MP. Dalam sambuatannya menyatakan bahwa baik peserta maupun dosen pembimbing lapangan harus selalu mengutamakan protokol kesehatan karena pada saat ini pandemi masih terus meningkat. KKN ini menjadi sarana untuk mahasiswa belajar secara nyata dan langsung terjun ke masyarakat serta dapat mencari isu dan memberikan solusi untuk permasalahan yang terjadi di masyarakat, khususnya di bidang pendidikan sesuai dengan FKIP dan tentunya juga bagaimana cara mahasiswa memberikan ide yang inovatif dan kreatif untuk menghidupkan perekonomian di masyakarakat tempat KKN berlangsung.

“Harapannya dengan menggali informasi langsung dari masyakarat, mahasiswa dapat memberikan banyak program untuk UNIDA Bogor seperti program Bina Desa dan lain-lain. Peran mahasiswa diharapkan dapat menyusun program secara individual yang mengarah kepada pengabdian pada masyarakat yang beriorientasi pada aspek kompetensi mahasiswa sesuai keilmuannya dan jika di FKIP berarti pengabdian pada masyakarat di bidang pendidikan tentunya yang kreatif dan inovatif sahingga KKN ini dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dan peran dosen pembimbing lapangan sangat penting disini karena dapat membantu mahasiswa  peserta KKN untuk memecahkan persoalan yang ada di masyarakat serta mahasiswa diharapkan selalu berkomunikasi dengan dosen pembinmbing sehingga dapat sukses melaksanakan kegiatan KKN ini,” ungkap Ir. Nur Rochman, MP.