Menindaklanjuti hasil penjajakan kerja sama yang dilakukan sebelumnya, Fakultas Teknik dan Ilmu Pangan Halal (FTIPH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bersama Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor sepakat menjalin kerja sama diantara kedua belah pihak yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) pada Selasa (25/1/2022) di Aula DKP Kabupaten Bogor.

Dalam penandatanganan MoA ini, delegasi tim FTIPH UNIDA Bogor di wakili oleh Wakil Rektor III UNIDA Bogor Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si, beserta Dekan FTIPH UNIDA Bogor Ir. H. Amar Maruf, M.Si dan jajaran. Adapun dari DKP Kabupaten Bogor dihadiri langsung oleh Kepala DKP Kabupaten Bogor Dedi Ade Bachtiar, SE, MM, M.BA beserta jajaran.

Ir. H. Amar Maruf, M.Si mengatakan, bidang yang dikerjasamakan mencakup beberapa hal terutama berkaitan dengan program Merdeka Belajar Kampus merdeka (MBKM). Peningkatan kerja sama melalui kolaborasi dan sinergi dengan berbagai lembaga atau instansi saat ini sangat diperlukan sebagai upaya mendukung program MBKM tersebut.

“Alhamdulillah hari ini inshaAllah kami bisa melaksanakan penandatanganan MoA dengan DKP Kabupaten Bogor. Ini adalah sebagai dasar hukum untuk menjalankan kerja sama, karena memang dasar hukum yang terstruktur ini menjadi penting bagi kami guna akreditasi. Nantinya selain kerja sama MBKM, juga seperti analisis ke arah kehalalan pangan, khususnya bagi UMKM yang termasuk di dalamnya pelatihan UMKM untuk mendapat sertifikat halal. Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama ini maka akan lebih memudahkan nanti untuk implementasinya, inshaAllah,” tuturnya pada saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Kepala DKP Kabupaten Bogor Dedi Ade Bachtiar, SE, MM, M.BA mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Bupati Bogor Nomor 61 Tahun 2016 dan Nomor 35 Tahun 2018 bahwa salah satu tugas, pokok dan fungsi DKP Kabupaten Bogor ialah melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan ketersediaan dan kerawanan pangan, distribusi dan cadangan pangan, konsumsi dan penganekaragaman pangan serta keamanan pangan.

“Menyikapi tugas pokok fungsi DKP tersebut, maka pada kesempatan ini kami melaksanakan dan menjalin kerja sama dengan FTIPH UNIDA Bogor mengenai implementasi pelaksanaan MBKM. Adapun ruang lingkup kerja sama, antara lain bidang tridarma perguruan tinggi dan kegiatan lain yang kita sepakati bersama,” ungkapnya.

“Dengan ditandatangani perjanjian ini, kita telah menempatkan perjanjian hukum, sehingga menghindari keragu-raguan hubungan antar instansi. Saya berharap dengan adanya perjanjian ini, memberikan manfaat bagi Kabupaten Bogor serta FTIPH UNIDA Bogor dalam mendukung peningkatan ketahanan pangan," ujar Dedi Ade Bachtiar, SE, MM, M.BA menambahkan.