Memasuki hari ke-3, para peserta Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dibekali pemahaman mengenai 21 Karakter Tauhid serta Kiat Sukses, Motivasi Belajar di Perguruan Tinggi, Rabu (15/9/2021). Dalam kesempatan tersebut juga diperkenalkan Organisasi mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan UNIDA Bogor.

Pada pemaparan materi pertama, pemahaman 21 Karakter Tauhid disampaikan langsung oleh Direktur Lembaga Pengkajian dan Penerapan Tauhid (LP2T), Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I yang dimoderatori oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIDA Bogor, Abduk Kholik, M.Pd.I.

Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I menyampaikan, UNIDA Bogor sebagai Kampus Bertauhid tidak hanya sekedar motto ataupun tagline. Namun menjadi cita-cita bersama insan UNIDA Bogor untuk dapat menggenggam dunia dan meraih akhirat.

“Kampus Bertauhid ini merupakan sebuah konsep sekaligus tantangan dan perjuangan yang bukan saja melaksanakan program, tetapi ini juga merupakan bagian dari amar ma’ruf nahi munkar. Oleh karena itu, UNIDA Bogor bukan hanya ingin meraih kejayaan  dunia tapi juga ingin bersama-sama meraih kejayaan akhirat,” ujarnya.

Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I menjelaskan, tauhid secara terminologi ialah mengesakan, menyatukan. Tauhid menjadi satu-satunya  falsafah hidup bagi seorang  mukmin, baik dalam prinsip-prinsip keyanikan, menjalankan syariat,  melakukan kebaikan yang berbasis akhlak mulia yang pada puncaknya menghadirkan Allah dalam segala tindakannya.

“Terdapat Universalitas Nilai Karakteristik dalam Tauhid, pertama ada nilai ilahiah, yaitu nilai ketuhanan. Kedua, nilai insaniah atau nilai kemanusiaan. Ketiga, nilai kauniah atau kealaman. Lalu kelima, adanya nilai ijtima’iah yaitu nilai sosial kemasyarakatan. Makanya UNIDA Bogor ini lengkap dari segi Fakultas dan Program Studi. Seluruhnya mewakili konsep tauhid, mewakili nilai-nilai keuniversalitasan tersebut,” paparnya.

Setelah sesi pemaparan materi pertama, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan Ormawa dan UKM yang diawali oleh orasi dari Presiden Mahasiswa BEM KM UNIDA Bogor, Abdulloh Abdul Mugni.

“Teman-teman mahasiswa baru UNIDA Bogor tahun 2021, selamat datang di kampus pergerakan, selamat datang di kampus yang syarat akan nilai-nilai perjuangan, kampus yang diisi oleh kawula muda yang sering terlibat aktif dalam perumusan-perumusan perjuangan bangsa ke arah yang lebih baik,” ujar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tersebut.

“Saya titipkan pesan jangan pernah takut mempertahankan kebenaran, jangan pernah takut untuk berjuang bersama golongan yang lemah dan tertindas, karena ketika kalian mempertahankan ataupun menghambat kepada ketakutan maka kalian akan memperpanjang barisan perbudakan. Sekali lagi, selamat berdinamika, bersolidaritaslah dengan yang tertindas,“ tegasnya.

Sesi berikutnya, para peserta PKKMB UNIDA Bogor 2021 mendapat materi dari Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si selaku Direktur Kemahasiswaan UNIDA Bogor bersama dengan Siti Patimah Indriyani, peraih juara 2 Business Idea Presentation tingkat Internasional, serta Ahmad Riswan Sulaeman, peraih Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2021. Sementara itu, Kepala Bidang Prestasi Direktorat Kemahasiswaan, Ir. Nur Rochman, MP bertugas sebagai moderator.

Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si menuturkan, sesuai dengan QS. Al-Baqarah ayat 30, Allah SWT berfirman bahwasanya manusia dijadikan khalifah di muka bumi. Hal ini berkaitan dengan amanah yang dimiliki manusia untuk dapat menggunakan pengetahuan dengan sebaik mungkin demi kesejahteraan ummat.

“Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu bahwa manusia dijadikan sebagai khalifah di muka bumi ini yang disampaikan juga di dalam hymne UNIDA Bogor, bahwa kita insan UNIDA Bogor diharapkan bisa mengemban amanah menjadi khalifah. Inilah upaya kita bagaimana kemudian insan UNIDA Bogor bisa menggenggam dunia meraih akhirat, sebagaimana kemudian dapat diimplementasikan dalam proses kiat sukses motivasi belajar di perguruan tinggi,” ungkapnya.

Salah satu mahasiswi berprestasi UNIDA Bogor, Siti Patimah Indriyani mengatakan, menjadi mahasiswa diwajibkan memiliki kepedulian yang lebih besar terhadap sekitar. Mahasiswa dituntut untuk dapat memberikan kebermanfaatan yang tidak hanya untuk diri sendiri.

“Tidak selamanya apa yang kita ikuti berjalan lurus sesuai harapan kita. Untuk teman-teman semua, kita sebagai mahasiswa itu memilik tanggung jawab lebih seperti apa yang disampaikan oleh Bapak Dr. Yudi Wahyudin sampaikan, menjadi mahasiswa menuntut kita untuk lebih berfikir kritis dan lebih peduli pada lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si pada sesi penutupan menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan PKKMB UNIDA Bogor yang berjalan lancar.  Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si juga berpesan kepada para mahasiswa baru bahwa dalam prosesnya kegiatan perkuliahan akan berbeda dengan kegiatan sekolah sebelumnya.

“Kita sudah melaksanakan selama tiga hari berturut-turut kegiatan PKKMB. Alhamdulillah acara berjalan dengan tertib dan lancar, berjalan dengan baik. Para mahasiswa sekalian, segeralah merapat ke prodi karena nanti setelah ini insyaAllah hari Sabtu nanti ada kuliah perdana. Kemudian, jangan lupa mengisi KRS, karena sudah menjadi mahasiswa dan terdaftar di PDDIKTI,” ujarnya.

Terakhir, sebagai apresiasi kepada para peserta, diumumkan para peserta terbaik, serta para pemenang give away twibbon PKKMB UNIDA Bogor 2021 yang berhak mendapat hadiah dari panitia.