Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, pada hari Jum’at (02/04) melanjutkan tour kunjungan kerja sama ke salah satu kampus negeri yang terletak di kawasan strategis laut Marmara, Kota Bandirma, yaitu Bandirma On Yedi Eylül Üniversitesi setelah sebelumnya melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dengan Haliç Üniversitesi, dan Üsküdar Üniversitesi di Kota Bisnis Turki, Istanbul.

Rektor Bandirma Üniversitesi, Prof. Dr. Süleyman Özdemir Muhsin menyampaikan bahwa Universitas Bandirma merupakan salah satu kampus negeri berkualitas yang masuk ke dalam 20 besar perguruan tinggi terbaik di Turki.

“Bandirma Üniversitesi merupakan kampus favorit untuk kajian Hubungan Internasional (HI). Kami sangat berharap mahasiswa Indonesia bisa belajar tentang ilmu-ilmu Hubungan Internasional di kampus kami,” ujar Prof. Dr. Süleyman Özdemir Muhsin kepada Beritaturki.com.

Prof. Süleyman berharap kerja sama dengan Indonesia diharapkan dapat lebih baik, karena sampai dengan saat ini minat mahasiswa Indonesia yang belajar di Bandirma Üniversitesi sudah mulai tinggi. Terhitung sudah lebih 50 pelajar Indonesia diantara 2000-an mahasiswa asing lainnya.

Direktur Bidang Hubungan Internasional Bandirma Üniversitesi, Dr. Ömer Inan mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik atas kunjungan dan kerja sama yang dilakukan oleh UNIDA Bogor dari Indonesia.

“Bandirma Üniversitesi memiliki lebih dari 2000 mahasiswa internasional dan memiliki target lebih banyak sebagaimana misi dari Presiden Erdogan yang mana pada tahun 2023 mendatang Turki harus memiliki 250 ribu mahasiswa asing,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menyebutkan bahwa Turki merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan proyeksi UNIDA Bogor untuk dapat meningkatkan kerja sama luar negeri. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si mengungkapkan, Bandirma Üniversitesi merupakan salah satu kampus negeri terbaik dan memiliki fakultas favorit yaitu jurusan Hubungan Internasional.

“Sebagaimana kita ketahui posisi Turki saat ini sangat penting di kawasan terutama dalam pergolakan geopolitik Internasional. Mudah-mudahan dengan kerja sama yang telah terjalin baik dengan Haliç Üniversitesi, Üsküdar Üniversitesi dan terakhir dengan Bandirma Üniversitesi ini juga bisa menjadi awal yang baik untuk kerja sama dengan beberapa institusi yang ada di Turki, baik itu institusi pendidikan ataupun industri,” ungkap Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

 

Sumber: Press release/PR-BME & beritaturki.com