Perwakilan perangkat Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor mengunjungi Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor pada Rabu (17/3). Kunjungan ini dalam rangka menindak lanjuti Program UNIDA sebagai Kampus Bertauhid dalam Mewujudkan Gerakan Desa Emas yang dicanangkan beberapa waktu lalu.

Diwakili langsung oleh Kepala Desa Purwasari, Muhammad Yusuf Mustofa, menuturkan bahwa kunjungan ke UNIDA Bogor ini merupakan kunjungan pertama kali yang dilakukan oleh perangkat Desa Purwasari ke perguruan tinggi. Hal ini tidak terlepas dari keterbukaan UNIDA Bogor dalam merangkul desa-desa yang ada di sekitar Kabupaten Bogor untuk bersama-sama bergerak membangun desa.

Pada intinya kami sangat berbahagia bisa diterima di UNIDA untuk menjadi mitra, semoga kerjasama kemitraan kita ke depan bisa melahirkan hal-hal yang baik. Kami berharap UNIDA dapat menjembatani tujuan kami yang kami yakini UNIDA ini punya segalanya, dengan tadi pancadarmanya, kami berkeinginan ke depan UNIDA bisa membantu Desa Purwasari untuk menjadi Desa Emas pada tahun 2030,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, M.Si yang turut hadir menyambut kunjungan dari Desa Purwasari mengatakan, nantinya akan dilaksanakan penandatanganan naskah kerja sama di antara kedua belah pihak untuk mendukung pelaksanaan Program UNIDA sebagai Kampus Bertauhid dalam Mewujudkan Gerakan Desa Emas tersebut.

UNIDA Bogor dalam hal ini akan membantu Desa Purwasari melalui pemberdayaan potensi-potensi masyarakat di desa. Maka perlu adanya pemetaan potensi dan masalah yang diharapkan dapat menemukan solusi untuk mencapai apa yang menjadi tujuan bersama.

“Banyak hal yang bisa disinergikan antara UNIDA dan desa dalam berbagai aspek, baik itu aspek pertanian, sosial, tata kelola pemerintahan, maupun kesadaran hukum. Dari Pak Kades sudah mulai pendataan, apa yang bisa kami bantu persiapkan seperti sumber daya dan lainnya. Ini adalah kesempatan yang sangat baik dari UNIDA maupun Desa Purwasari. Mudah-mudahan menjadi berkah bagi kita semua,” ujarnya.