Keluarga mahasiswa Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor turun ke jalan menggelar aksi galang donasi untuk para warga terdampak bencana banjir dan longsor yang terjadi di wilayah Bogor dan sekitarnya. Penggalangan donasi ini terbagi menjadi dua, yaitu penggalangan di dalam kampus untuk setiap fakultas dan insan akademik UNIDA Bogor serta di luar kampus yang dilakukan di tiga titik, diantaranya di simpang Gadog, simpang Ciawi dan simpang Sukasari selama satu minggu, terhitung sejak tanggal 3 hingga 10 Januari 2020.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNIDA Bogor Andi Khiyarullah menyampaikan, kegiatan penggalangan donasi ini merupakan inisiatif bersama elemen keluarga mahasiswa UNIDA Bogor yang kemudian diwadahi oleh BEM untuk pengumpulan dan penyaluran donasi. Penggalangan donasi yang dilakukan tidak hanya berupa bentuk uang, namun terbuka bagi seluruh masyarakat yang ingin menyumbang dalam bentuk apapun.

“Ini merupakan inisiatif bersama kami selaku keluarga mahasiswa UNIDA Bogor, sedikit banyaknya bantuan yang tersalurkan semoga dapat bermanfaat, juga dapat meringankan beban bagi semua korban bencana alam di Bogor,” ungkapnya.

Menurut data yang diperoleh dari BPDB Kab. Bogor, Kecamatan Sukajaya mengalami dampak bencana yang cukup parah. Dilaporkan, update data pada tanggal 6 Januari 2020 pukul 21.50 WIB ada sebanyak 4.146 jiwa di 10 desa yang mengungsi dengan persebaran pengungsi di Desa Cisarua 97 jiwa, Desa Cileuksa 824 jiwa, Desa Kiarasari 365 jiwa, Desa Kiara Pandak 600 jiwa, Desa Harkat Jaya 1.308 jiwa, Desa Urug 298 jiwa, Desa Pasir Madang 450 jiwa, Desa Jaya Raharja 136, Desa Sukamulih 50 jiwa, serta Desa Sipayung 18 jiwa.

Dari donasi yang telah terkumpul, selanjutnya disalurkan ke titik pengungsian dan bencana di Kecamatan Sukajaya. Andi Khiyarullah mengatakan, dalam penyaluran bantuan keluarga mahasiswa UNIDA Bogor berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor, Kepala Desa Cisarua, Ketua PCM Sukajaya, Aparat Desa Kiara Pandak dan juga tim Assesment MAPALA Bogor Barat. Adapun bantuan yang disalurkan antara lain berupa obat-obatan, perlengkapan bayi, makanan pokok (sembako), makanan ringan untuk anak-anak, serta pakaian layak pakai.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yeng telah berkontribusi, memberikan sumbangsih, dan yang telah berpartisipasi dalam aksi galang donasi ini. Masih ditunggu kontribusi, sumbangsih, partisipasi dari semua elment untuk bisa berkolaborasi bersama dalam amal kebaikan ini. Mari berbagi untuk Bogor,” tukasnya.

Menurut informasi, kebutuhan hingga saat ini yang masih diperlukan oleh korban terdampak bencana di Kecamatan Sukajaya antara lain tim medis, bahan makanan pokok, selimut, alas tidur, peralatan masak, peralatan makan, tenda/terpal, pipanisasi, makanan, alat penerangan serta obat-obatan. (amr)


Info POSKO Peduli Bencana
Keluarga Mahasiswa UNIDA Bogor:
POSKO KM UNIDA.  Gedung D, Universitas Djuanda Bogor.
Jl. Tol Ciawi No. 1 Po Box 35 Bogor 17720.

Transfer Donasi:
Bank BNI a/n Khiyarullah
0750805976

Narahubung:
081340836531 (Khiyar)

08995743522 (Diki)