Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melalui program Duta Inovasi melaksanakan observasi awal dalam rangka melihat potensi wilayah di Desa Cipelang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor (27/01). Kegiatan ini merupakan tahapan awal sebagai bentuk dari program Duta Inovasi dari UNIDA Bogor yang mendukung penuh program inovasi pemerintah Kabupaten Bogor.

Lilis selaku Kepala Seksi Pendidikan menyatakan menyambut baik program yang akan diselenggarakan di Kecamatan Cijeruk khususnya di Desa Cipelang.

“Saya mewakili Pak Camat, pada dasarnya mendukung penuh program yang akan dijalankan serta semoga melalui program ini nantinya bisa menjadi bentuk kolaborasi serta sinergitas yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Pahlevi selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cipelang menyampaikan potensi yang ada di desa serta adat kebiasaan masyarakat lokal yang masih terjaga sampai saat ini.

“Saat ini potensi yang sedang kami garap yaitu program dari karang taruna yang sedang mengolah madu namun masih secara konvensional belum menyentuh arah digital marketing dan masih menggunakan kemasan biasa, potensi lainnya pengembangan wisata alam yang dimiliki seperti curug dan lokasi lainnya yang belum banyak diketahui masyarakat luas, dan potensi pertanian seperti buah nanas dan yang saat ini juga sedang dijalankan oleh gabungan kelompok tani yaitu  pengembangan penanaman padi organik, serta masih banyak potensi lainnya yang bisa dikolaborasikan melalui program lainnya,” ungkapnya.

Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si selaku Dosen Pembimbing lapangan menyampaikan program ini merupakan bentuk dari kontribusi UNIDA Bogor untuk kemajuan Kabupaten Bogor khususnya dalam mengembangkan potensi daerah yang dapat memunculkan Inovasi yang tentunya membawa kemaslahatan bagi masyarakat.

“Kami kelompok Duta Inovasi yang tediri dari 8 mahasiswa dan 2 dosen pembimbing lapangan saat ini melakukan kunjungan awal di Desa Cipelang sebagai bentuk pengumpulan informasi potensi desa yang nantinya akan kami angkat menjadi sebuah konsep kegiatan dan pemetaan potensi dalam melakukan program inovasi. Program yang nantinya akan kami jalankan sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh perwakilan dari kantor Desa Cipelang yaitu mengembangkan serta meningkatkan produktivitas yang memiliki tujuan akhir untuk bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia,” ujarnya.

Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si juga menyampaikan nama besar program yang nantinya akan dijalankan adalah Balad Cipelang.

“Nama program yang akan kami jalankan nanti yaitu Balad Cipelang, yang kita ketahui Balad sendiri dalam bahasa sunda memiliki arti teman dan dalam Bahasa Indonesia memiliki arti negeri yang tentunya secara umum menggambarkan program yang akan kita jalankan nantinya bisa menjadi sebuah mitra atau pertemanan yang akan membawa kemajuan bagi negeri khususnya di Desa Cipelang,” tambahnya.