Universitas Djuanda Bogor bekerja sama dengan Kemenristekdikti selenggarakan Monitoring dan Evaluasi Eksternal Hibah Pengabdian Masyarakat Kemristekdikti Tahun Pembiayaan 2019 (3/10). Bertempat di Gedung A Universitas Djuanda Bogor yang dihadiri oleh Dr. Isti Hidayah, M.Pd. selaku Reviewer dalam acara ini. Acara tersebur diikuti oleh perwakilan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Ibnu Khaldun, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Nusa Bangsa dan Universitas Pakuan yang mendapatkan hibah pengabdian pada masyarakat dari Kemristekdikti.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Direktur Direktorat Riset & Pengabdian kepada Masyarakat, Ginung Pratidina, M.Si. mengungkapkan bahwa kegiatan ini lanjutan dari Monev Internal.

"Kegiatan ini diikuti oleh para perwakilan dari perwakilan yang mendapatkan hibah pengabdian pada masyarakat dari Kemenristekdikti yang berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Ibnu Khaldun, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Nusa Bangsa dan Universitas Pakuan. Kegiatan ini juga lanjutan dari Monev Internal yang sudah dijalankan oleh para penerima hibah," tutur Dra. Ginung Pratidina, M.Si.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah persyaratan sudah dipenuhi oleh para penerima hibah dan apakah pengabdiannya bermanfaat bagi lingkungan masyarakat yang terkait. Seperti yang diutarakan oleh Dr. Isti Hidayah, M.Pd. selaku Reviewer dalam kegiatan tersebut dalam sambutannya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah segala persyaratan sudah dipenuhi oleh dosen penerima hibah seperti luaran dan publikasi dan untuk mengetahui juga apakah pengabdian tersebur bermanfaat bagi masyarakat yang bersangkutan serta apakah mitra dilapangan cukup puas dengan pengabdian terkait serta untuk mengetahui apakah pengabdian tersebut berkelanjutan atau tidak," tuturnya.

Setelah kegiatan tersebut dilanjutkan dengan visitasi langsung asessor ke tempat pengabdian yang dilaksanakan oleh para dosen penerima hibah.