Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor resmi melantik beberapa pejabat struktural pada Jum’at (30/4/2021). Bertempat di Masjid Baitul Qur’an, pelantikan ini merupakan langkah guna mempercepat serta memaksimalkan kinerja di setiap unit kerja, sehingga diharapkan dapat mengakselerasi visi UNIDA Bogor sebagai kampus riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia.

Dalam pelaksanaannya, pelantikan dilakukan secara daring dan luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Adapun nama-nama yang dilantik antara lain Aal Lukmanul Hakim, SH., MH sebagai Direktur pada Direktorat Sumber Daya Insani (DSDI) merangkap Ketua Program Studi Magister Hukum pada Sekolah Pascasarjana, Dr. Laode Amril, M.Pd sebagai Direktur pada Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran (DIKJAR), Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si sebagai Direktur pada Direktorat Kemahasiswaan (DITMAWA), Dr. Ir. Setyono, M.Si sebagai Direktur pada Direktorat Sumber Belajar, serta Yuppy Triwidatin, SE., M.Pd sebagai Kepala Bidang pada Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran (DIKJAR).

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dalam sambutannya menuturkan bahwasanya penting untuk dapat bekerja sama membangun tim yang kuat. Hal ini tentu diharapkan dapat lebih mempermudah dalam mencapai tujuan dan cita-cita bersama.

“Mudah-mudahan para pejabat yang baru saja dilantik bisa melaksanakan tugasnya, mengemban amanah dengan istiqomah. Sebagaimana motto kita, yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja berjamaah. Ini penting karena kita menghendaki tim yang kuat dan super. Dalam artian tidak boleh bekerja individu, dengan demikian insyaAllah segala sesuatunya berjalan dengan mulus apabila kita melaksanakannya secara bersama-sama. Terima kasih dan selamat bekerja,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) yang baru dilantik sebelumnya, Dr. Hj. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I mengungkapkan, perubahan kedudukan atau mutasi dan promosi pada sebuah organisasi merupakan hal yang wajar dilakukan. Mengingat sebuah organisasi perlu menyesuaikan diri dengan kebutuhan maupun perkembangan, sehingga dibutuhkan adanya perubahan-perubahan untuk mencapai tujuan.

“Pelantikan pada hari ini sudah disesuaikan dengan beberapa kebutuhan yang sangat mendesak untuk kelangsungan dan kemajuan UNIDA Bogor. Pelantikan pejabat struktural adalah sesuatu yang biasa dalam sebuah organisasi, dimana memang organisasi yang berkembang dan maju akan senantiasa menyesuaikan dirinya, meng-update dirinya dan melakukan perubahan-perubahan disesuaikan dengan kebutuhan untuk kemajuan yang lebih baik di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dr. Hj. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I menambahkan, dalam sebuah organisasi yang paling terpenting adalah kesamaan visi dan tujuan pada masing-masing individu anggota organisasi. Di UNIDA Bogor, kesamaan tujuan tersebut bukan hanya sekedar meraih kesuksesan di dunia, namun diharapkan juga dapat meraih kesuksesan untuk bekal di akhirat.

“Mudah-mudahan Allah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk bisa menjadi individu-individu terbaik di dalam organisasi ini sehingga satu sama lain memberikan dukungan dan memberikan bantuan. Bekerja berjamaah kata Pak Rektor, bersama-sama dengan keikhlasan dan ketulusan hati. Semoga Allah memberikan keberkahan dan kelancaran. Selamat bekerja, selamat berjuang,” tutup Dr. Hj. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I.

Sementara itu, Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH menyampaikan selamat kepada para pejabat struktural yang dilantik tersebut. Dalam arahannya,  Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH mengatakan bahwa setiap kerja keras dan kesungguhan pasti akan memberikan hasil yang terbaik.

“Selamat kepada para pejabat yang hari ini dilantik, sebelum itu saya ingin mengucapkan selamat juga kepada Direktorat Kemahasiswaan yang pada hari ini kita mendapat informasi bahwa mahasiswa kita berhasil meraih prestasi juara 1 dalam Musabaqah Video Tilawah atas nama Luthfi Lathifah Rizki. Ini merupakan hasil dari kerja sungguh-sungguh dan berjamaah kita semua atas prestasi itu,” ujar Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH

Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH juga mengatakan, tantangan perguruan tinggi ke depan akan semakin beragam, khususnya terkait dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Maka para pejabat struktural di lingkungan UNIDA Bogor diharapkan dapat terus meningkatkan kinerja dengan mengoptimalkan dan mengembangkan potensi diri.

“Ke depan, semakin hari program MBKM semakin bervariasi, ini juga memerlukan bukan sekedar ilmu, tetapi keterampilan dalam mengolah data dan menginformasikan data. Jadi ini pekerjaan berat, khususnya pada Direktorat Kemahasiswaan juga Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan tekad yang kuat, mudah-mudahan Allah memberikan kekuatan dan kelapangan, karena yang diurus adalah mahasiswa. Saya yakin dengan peningkatan dan optimalisasi yang ada, apa yang menjadi rencana pengembangan ataupun rencana strategis kita bisa berjalan dengan baik. Hari ini kita berprestasi, maka dari itu kita bisa, pasti bisa” tuturnya.

Dalam pelantikan ini, juga turut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Pengawas YPSPIAI, Ketua, Sekretaris dan Anggota Dewan Pengawas Universitas, Ketua, Sekretaris dan Anggota Senat, para Wakil Rektor, para Dekan, para Direktur dan Ketua Lembaga serta para Kepala Biro di lingkungan UNIDA Bogor.