Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Kuliah Umum MKU Pendidikan Kampus Bertauhid Pameran Virtual Kreasi 21 Nilai Karakter Tauhid yang diselenggarakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings pada Sabtu, 15 Januari 2022. Kegiatan ini diisi oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH, Direktur Eksekutif Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI), Dr. Hj. R. dan dipandu oleh M. Rendi Ramdhani, M.Pd. selaku moderator serta diikuti oleh mahasiswa semester III yang mengikuti Mata Kuliah Umum Pendidikan Kampus Bertauhid. Kegiatan ini merupakan kegiatan kuliah umum dan lomba Video Kreasi 21 Nilai Karakter Tauhid.

Koordinator MKU Pendidikan Karakter Tauhid dan Kepala Lembaga Pengkajian dan Penerapan Tauhid (LP2T), Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I. dalam paparan sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kampus bertauhid yang dimana mahasiswa pada Semester 1 mendapat mata kuliah Akidah Islamiah, semester kedua yaitu Syariah Islamiah, semester ketiga mendapatkan Pendidikan Karakter Tauhid. Di mata kuliah tersebut di dalamnya membahas bagaimana implementasi tauhid di UNIDA Bogor dan khususnya tentang 21 Karakter Tauhid.

"Diharapkan mampu menerapkan dan mampu mengimplementasikan tauhid. UNIDA Bogor sebagai kampus bertauhid berbeda dengan kampus lain yang dimana UNIDA Bogor memberikan bekal untuk kehidupan di dunia dan akhirat yang menggenggam dunia dan meraih akhirat. Tauhid bukan hanya sekedar keyakinan saja akan tetapi harus diamalkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau sudah masuk ke hati lalu diucap dengan ucapan dan dilakukan dalam kegiatan sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan. UNIDA Bogor bukan hanya sekedar mencerdaskan akan tetapi juga mengahlakan dan mengarakterkan," tutur Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I.

Ketua Pelaksana, Nur wahyu Candra Talkhah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dalam kegiatan ini dan kegiatan ini bertujuan untuk penguat tugas mata kuliah Pendidikan Karakter Tauhid dan diharapkan mahasiswa yang menjadi peserta mendapat manfaat dari kegiatan ini.

Selanjutnya Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. selaku narasumber dalam paparannya menyatakan bahwa bagaimana UNIDA Bogor bisa bertahan selama 7 tahun masuk 100 besar terbaik perguruan tinggi di Indonesia karena UNIDA Bogor memiliki tauhid. Dan UNIDA Bogor juga setiap elemen wajib research termasuk mahasiswa yang tentunya research yang tauhid yang bermanfaat bagi manusia. Tauhid menjadi kata kunci karena menjadi penggalan dalam visi yaitu menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia. Dan Djuanda sendiri juga merupakan nama yang diambil dari Pahlwan Nasional asli dari tanah Sunda dan memiliki prestasi luar biasa yang dimana Djuanda menjadikan Indonesia baik daratan dan lautan menyatu menjadi Indonesia. Djuanda adalah seorang pahlawan yang sangat baik sehingga 21 nilai karakter tauhid menjadi cerminannya dan sebagai insan UNIDA Bogor termasuk mahasiswa harus menjadikan karakter Djuanda menjadi karakter diri.

"Bagaimana kita dapat memiliki karakter tauhid yang tentunya awalnya dipaksa lalu terpaksa dan terakhir menjadi biasa seperti dalam hal sholat jika sudah terbiasa akan gelisah ketika belum melaksanakan sholat. Dan makna tauhid artinya keesaan yang bermaksud keyakinan bahwa Allah SWT adalah tunggal, satu. Mentauhidkan berarti mengakui keesaan Allah atau mengesakan Allah. Secara istilah tauhid adalah ilmu yang membahas tentang keesaan Allah, Allah yang satu yang memiliki segala kesempurnaan dan tidak ada satu pun yang bisa menggantikannya. Sebagai mahasiswa UNIDA Bogor harus dapat memahami apa itu tauhid dan bagaimana implementasi dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya tercermin dalam 21 Nilai Karakter Tauhid,? tutur Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Direktur Eksekutif YPSPIAI, Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I. menambahkan bahwa ketika merasa memiliki identitas sebagai mahasiswa UNIDA Bogor, tentu harus mengetahui dan memahami karakter Ir. Djuanda yang saat ini sudah dirangkum menjadi 21 Nilai Karakter Tauhid.

?Dalam 21 Karakter Tauhid juga ada local wisdom yang mengambil dari kearifan lokal orang sunda dengan alasan kearifan lokal lebih mengakar lebih menjadi karakter yang termasuk dalam local wisdom diantaranya cageur, bageur, bener, pinter dan singer. Tentunya Ir. Djuanda memiliki sifat-sifat tersebut dan begitupun mahasiswa UNIDA Bogor. Dan diwajibkan seluruh insan UNIDA Bogor termasuk mahasiswa harus terus belajar dan menjadikan 21 Nilai Karakter Tauhid menjadi jalan,? tutur Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I.

Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi diskusi dan pengumuman juara lomba video 21 Nilai Karakter Tauhid.