Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam menjalankan Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang mengusung tema “Pelatihan Pembuatan Ransum Flushing Domba di Desa Sukaresmi Kabupaten Bogor” yang dilaksnakan pada Selasa, 21 Desember 2021. Program pengabdian ini dihadiri oleh Ketua Peneliti, Dr. Ir. Deden Sudrajat, M.Si dengan anggota Penelitinya, yaitu Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, Dr. Ir. Anggraeni, M.Si; Dr. Ir. Burhanuddin Malik, M.Appl.Sc, Dewi Wahyuni, S.Pt., M.Si, dan Dr. Abdullah Baharun, S.Pt., M.Si. Kegiatan pengabdian diawali dengan pre-test yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman peternak tentang materi-materi yang akan disampaikan.

Ketua Pelaksana, Dr. Ir. Deden Sudrajat, M.Si menyampaikan bahwa hasil yang ingin dicapai dalam Program yang dilaksanakan adalah dengan pemberian ransum flushing dapat memperbaiki kondisi tubuh dan memberikan meningkatkan performa produksi dan reproduksi ternak domba yang berujung pada peningkatan kualitas dan kuantitas populasi ternak domba di Indonesia. Ucapan terima  kami disampaikan kepada Sekretariat Ditjen Dikti, Riset dan Teknologi, Dirjen Dikti, Riset dan Teknologi , Kemendikbud Riset dan Teknologi yang telah memberikan Dana pengabdian  melalui Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS


“Harapannya peternak di Desa Sukaresmi Kabupaten Bogor dapat mengaplikasikan ransum flashing dengan semaksimal mungkin dengan kebutuhan yang sesuai sehingga kebutuhan nutrisi baik untuk hidup pokok maupun produktivitasnya dapat tercukupi yang akhirnya dapat meningkatkan bobot badan, kesehataan ternak terjaga, peningkatan jumlah ternak sampai dengan peningkatan nilai ekonomi dan taraf hidup peternak, tutur Dr. Ir. Deden Sudrajat”.


Program pengabdian ini juga terdapat beberapa penyampaian materi diantaranya dari Dr. Ir. Burhanuddin Malik, M.Appl.Sc yang menyampaikan mengenai “Manajemen Perkandangan Ternak Domba”. Dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Dr. Ir. Ristika Handari, MP dan Dr. Abdullah Baharun, S.Pt., M.Si tentang “Manajemen Reproduksi Ternak Domba Betina dan Jantan”. Pemateri terakhir yaitu Dr. Ir. Anggraeni dan Dewi Wahyuni, S.Pt., M.Si yang membahas mengenai “Produk Olahan Susu dan Nuget”. Setelah kegiatan penyampaian materi, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktek secara langsung pembuatan ransum flushing untuk domba yang dilakukan oleh Bapak-bapak peternak dan pembuatan nuget dilakukan oleh Ibu-ibu kelompok peternak. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi interkatif serta aplikasi pemberian runsum flashing ke ternak domba secara langsung di kandang.

Akhir dari kegiatan ini adalah para peserta mengisi post-test untuk mengetahui pemahaman apakah program/kegiatan yang telah dilaksanakan memberikan dampak kepada para peternak. Akhirnya kegiatan ditutup dengan penyerahan pakan flushing sebanyak 210 kg kepada peternak anggota GAPOKTAN Resmi Lestari Desa Sukaresmi dan ditutup dengan doa bersama.