Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA-FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Workshop bertemakan ?Penguatan Literasi Siswa Melalui Storytelling Tiga Bahasa (Indonesia, Inggris, Arab)? secara daring dan luring (hybrid) di SMP Islam Arrahman, Bekasi, Senin (20/12/2021). Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian dosen berdasarkan keprihatinan terhadap rendahnya literasi siswa saat ini.

Bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta SMP Islam Arrahman, workshop ini menghadirkan pemateri diantaranya Eri Kurniawan, M.A., Ph.D (Dosen Universitas Pendidikan Indonesia) dan Didin Syamsudin, M.Pd (Dosen Universitas Djuanda Bogor) yang diikuti oleh oleh siswa dan guru-guru SD, SMP, dan SMA.

Dalam pelaksanaannya, materi disampaikan dengan metode ceramah interaktif dan dilakukan pre-test serta post-test untuk melihat dampak atau pemahaman pada diri siswa terkait literasi. Siswa pun dengan antusias turut serta pada sesi storytelling yang dibawakan para mahasiswa dari tiga bahasa. Sebagai selingan, dilakukan juga pembagian doorprize sebagai penambah semangat siswa dalam mengikuti kegiatan workshop.

Tim pengabdian berharap dengan adanya kegiatan workshop ini dapat menanamkan dan menumbuhkan semangat literasi siswa yang saat ini dapat dikatakan kurang salah satunya dengan cara storytelling sehingga semangat literasi generasi muda tetap terjaga.

?Jika kita ingin menguasai dunia, maka literasi adalah jawabannya. Dengan membudayakan literasi, kita dapat menguasai multi disiplin ilmu. Lantas kapan kita harus budayakan literasi? Ya sejak dini? tutur Deski Halim Sudjani, M.Pd.I selaku Ketua Tim Pengabdian.

Sebagai informasi, tim pengabdian ini diketua oleh Deski Halim Sudjani, M.Pd.I, serta anggota tim yakni Mega Febriani Sya, M.Pd, Megan Asri Humaira, M.Hum, Syukri Indra, M.Pd.I, Didin Syamsudin, M.Pd, Radif Khotamir Rusli, M.Ed, dan 5 mahasiswa/i PBA dan PGSD.