Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melamporkan pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) melalui Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh Tim Monev Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tanggal 24 September 2021. Kegiatan Monev tersebut turut dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si, Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH, Kepala Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UNIDA Bogor, Arti Yoesdiarti, SP., MM, Direktur Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran (DIKJAR) UNIDA Bogor, Dr. La Ode Amril, M.Pd.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Monev PKKM dari Kemendikbudristek dan dalam Monev ini Tim Task Force PKKM FH UNIDA Bogor akan memberikan gambaran secara rinci pelaksanaan kegiatan hibah PKKM FH UNIDA Bogor sehingga akan mempermudah pelaksanaan Monev tersebut.

“Diharapkan dengan Monev ini dapat memberikan motivasi lebih kepada FH UNIDA Bogor dalam pelaksanaan hibah PKKM ini dan dengan Monev ini kita jadi tahu apa yang kurang dalam pelaksanaannya dan apa yang harus ditambahkan dalam PKKM FH UNIDA Bogor,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. menyatakan bahwa diharapkan amanah hibah PKKM FH UNIDA Bogor yang didapat dari Kemendikbudristek dapat dijalankan dengan baik sesuai peraturan yang telah ditetapkan dan dengan Monev ini diharapkan juga dapat memperbaiki apa yang kurang dalam pelaksanaan PKKM tersebut sehingga FH UNIDA Bogor tidak salah melangkah dalam kegiatan PKKM selanjutnya.

“Terima kasih banyak kepada Tim Monev dari Dikti dan terima kasih juga kepada Tim Task Force PKKM FH UNIDA Bogor serta pihak-pihak yang terkait dengan PKKM FH UNIDA Bogor ini. Semoga PKKM yang diamanahkan kepada FH UNIDA Bogor ini dapat dijalankan dengan baik dikarenakan FH UNIDA Bogor sejauh ini dalam pelaksanaan PKKM tersebut sangat hati-hati dan teliti terutama masalah penggunaan dana hibah dan dikarenakan PKKM ini dilaksanakan dalam keadaan pandemi maka FH UNIDA Bogor melaksanakan program-program yang terdapat dalam PKKM secara hybrid yaitu secara daring dan luring dan jika dengan luring maka menerapkan protokol yang sangat ketat untuk pencegahan penyebaran COVID-19,” ungkap Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH.

Perwakilan Tim Monev dari Kemendikbudristek, Jaini dalam Monev menyatakan bahwa kegiatan Ini adalah untuk memonitoring bagaimana kesesuaian pelaksanaan PKKM FH UNIDA Bogor ini dengan petunjuk teknis dan bagaimana kesesuaian pelaksanaan dengan indikator yang disampaikan oleh pihak FH UNIDA Bogor seperti pertanggung jawaban, metode pengadaan barang serta dokumentasi pelaksanaan PKKM tersebut.

“Pertama pihak dari FH UNIDA Bogor memaparkan terlebih dahulu pelaksanaan PKKM tersebut seperti apa, sudah sampai mana pelaksanaannya sehingga pihak dari Kemendikbudristek tahu akan masuk dan mulai darimana Monev ini. Monev ini sifatnya adalah melihat pada saat berjalannya PKKM FH UNIDA Bogor dan juga merupakan persiapan untuk nantinya diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” ungkap Jaini.               

Ketua Tim Task Force PKKM sekaligus Wakil Dekan II FH UNIDA Bogor, Ani Yumarni, S.H.I., MH. dalam pemparan laporannya menyatakan ada 3 aktivitas dan sub-aktivitas dalam proposal PKKM FH diantaranya yaitu aktivitas pertama untuk peningkatan kualitas mahasiswa dan kesiapan kerja lulusan yang sub-aktivitasnya diantaranya Pertukaran Mahasiswa, Magang, KKN Bina Desa, Pembentukan Tim Peradilan Semu. Aktivitas kedua yaitu peningkatan kualitas dan kompetensi dosen dalam mendukung kebijakan MBKM yang diantaranya Pelatihan dan Sertifikasi Profesi Mediator, Pelatihan dan Sertifikasi Profesi Legal Drafter, Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publish ke Jurnal Bereputasi dan Prosiding Internasional serta aktivitas ketiga yaitu peningkatan kualitas pembelajaran diantaranya Lokakarya Kurikulum Prodi Hukum guna Mengintegrasikan Kebijakan MBKM dan Visiting Lecturer.

“Ada pun capain pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya Pelatihan dan Sertifikasi Profesi Legal Drafter, Lokakarya Kurikulum Prodi Hukum Tahun 2022-2026. Kegiatan yang sedang berjalan yaitu Pertukaran Mahasiswa dengan Universitas Lain, Magang, KKN Bina Desa, Publikasi Artikel Ilmiah ke Jurnal Nasional dan Internasional, Pembentukan Tim Debat Hukum, Pembentukan Tim Debat Hukum, Pembentukan Tim Delagasi Peradilan Semu serta Bimbingan Karir Alumni dan Calon Lulusan. Dan kegiatan yang belum dilaksanakan yaitu Visiting Lecturer dikarenakan akan dilaksanakan pada pertemuan kuliah setelah Ujian Tengah Semester,” ungkap Ani Yumarni, S.H.I., MH.