Kegiatan kunjungan studi atau fieldtrip Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana pada tahun sebelumnya fieldtrip dilaksanakan dengan datang mengunjungi langsung ke perusahaan atau instansi terkait. Dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih mewabah, pada tahun ini kegiatan fieldtrip HMM UNIDA Bogor ke PT. Yakult Indonesia Persada pun dilakukan secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting pada Kamis (28/1).

Ketua Program Studi Manajemen, Endang Silaningsih,SE., MM dalam sambutannya menuturkan terima kasih, khususnya kepada PT. Yakult Indonesia Persada yang telah mengizinkan dan juga memfasilitasi rangkaian kegiatan fieldtrip yang dilaksanakan secara virtual tersebut. Meskipun secara virtual, mahasiswa tetap antusias dan bersemangat untuk belajar dan mengetahui hal-hal baru yang didapatkan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada PT. Yakult Persada Indonesia karena telah memfasilitasi fieldtrip virtual untuk mahasiswa program studi Manejemen baik itu angkatan 2019 dan angkatan 2020. Biasanya kegiatan fieldtrip seperti ini kita lakukan secara offline, namun karena kondisi pandemi saat ini sehingga belum memungkinkan mahasiswa untuk berkunjung secara langsung,” ujarnya.

Asep Awaludin, Wakil Ketua HMM mengatakan, kegiatan fieldtrip yang dilakukan merupakan dari bagian program kerja dari HMM yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa, khususnya terkait dengan ilmu manajemen di dunia industri. Diharapkan nantinya dari kegiatan ini dapat bermanfaat untuk mahasiswa di waktu yang akan datang.

“Ini merupakan salah satu agenda atau program kerja dari Himpunan Mahasiswa Manajemen yang tujuannya ialah mengajak para mahasiswa manajemen untuk lebih memahami gambaran nyata tentang ilmu manajemen dan pelaksanaannya di perusahaan ataupun industri. Juga harapannya ialah dapat mengetahui perbedan teori dan praktek yang ada di suatu perusahaan ataupun industri,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu peserta fieldtrip, Ikhwan Zaenudin menyebutkan bahwa kegiatan seperti ini perlu dilakukan mengingat mahasiswa harus turun langsung ke lapangan sehingga dapat memahami persoalan dan kendala yang dihadapi oleh perusahaan. Menurutnya, dengan hal itu dapat lebih meningkatkan pola pikir mahasiswa.

”Walaupun secara online, tapi saya sangat senang bisa fieldtrip di PT. Yakult ini yang dimana disini belajar tentang perusahaan secara riil. Fieldtrip kali ini memang berbeda, tapi tidak menyurutkan sikap keingintahuan kita sebagai mahasiswa dan pelajar untuk terus berkembang dan belajar,” tutur mahasiswa program studi manajemen angkatan 2019 tersebut.