Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda Bogor melepas sekitar 40 mahasiswa ke Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada Rabu (27/3) di Lapangan Kampus Unida Bogor.

Dekan FKIP Unida Bogor, Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I mengatakan,  pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bentuk implementasi dari Panca Darma yang dimiliki Universitas. Dalam pelaksanaannya, kegiatan akan dilaksanakan selama 10 hari dan peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian disebar ke Desa-desa yang ada di Kecamatan Sukamakmur.

“Untuk membangun sebuah desa bukan hal yang mudah, banyak permasalahan-permasalahan yang akan ditemui di masyarakat. Tetapi dengan pengetahuan, kedisiplinan, serta penerapan ilmu-ilmu yang telah dimilki, kita dapat mengindentifikasi dan menganalisa program apa yang akan dijalankan berdasar pada permasalahan yang ada tersebut,” tuturnya pada saat memberikan sambutan dan arahan kepada para peserta.

Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I menambahkan, bagi para peserta yang mengikuti program ini diharapkan dapat menjaga nama baik kampus. “Sesuai visi kita sebagai kampus bertauhid, maka implementasikan adab-adab kehidupan kampus bertauhid di lingkungan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Kemasiswaan Ir. Nur Rochman, MP menyampaikan bahwa  kegiatan pengabdian ini terlihat sangat sederhana, namun kenyataan di lapangan mahasiswa akan dipertemukan dengan beberapa hal yang tak terduga. Ada persoalan-persoalan Sustainable Development Goals (SDG's) yang dalam penyelesaiannya diharapkan memunculkan program keberlanjutan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Salah satu contoh dari yang telah disebutkan, dengan melihat permasalahan yang ada di daerah tersebut seperti dalam bidang pangan misalnya harga pisang murah, kita dapat mengelola pisang tersebut menjadi produk yang lain, contohnya tepung pisang ataupun bermacam-macam kue,” Paparnya.