Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui program Gerakan Nasional (Gernas) MUI menggelar kegiatan vaksinasi massal gratis terbuka bagi masyarakat umum, Sabtu (2/10/2021). Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan di Kampus UNIDA Bogor ini didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT), serta Telkom Indonesia dalam rangka penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Ketua Gernas MUI, Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si menyebutkan, pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan, baik itu ekonomi, terutama kesehatan. Melalui program Gernas MUI tersebut, MUI merasa perlu hadir untuk terjun langsung di tengah masyarakat sebagai upaya melindungi masyarakat, harapannya ialah agar dapat mempercepat pencapaian angka herd immunity secara nasional sehingga Indonesia bisa segera terbebas dari pandemi Covid-19.

“Kita berharap vaksinasi Indonesia terus berjalan secara masif, karena memang sampai hari ini jumlah yang tervaksin masih jauh dari angka pencapaian herd imunity secara nasional. Harapannya adalah bahwa dengan ikut terlibatnya MUI sebagai lembaga representasi umat, banyak umat yang mau dilakukan vaksinasi. Vaksinasi ini tujuannya adalah untuk melindungi diri, melindungi orang yang kita cintai dan juga melindungi negeri, agar negeri kita ini segera terbebas dari pandemi,” tutur Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si yang juga merupakan salah satu dosen di Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) UNIDA Bogor tersebut.

“Hari ini kita melaksanakan vaksinasi di Kampus Bertauhid UNIDA Bogor, dan insyaAllah kita siapkan 1.500 vaksin, sasaran kita adalah bukan hanya masyarakat yang ada di sekitar Kampus, warga Ciawi Bogor, tetapi bagi siapa saja yang merupakan warga negara Indonesia bisa divaksin. Hari ini juga ada bantuan dari ACT, yakni setiap yang divaksin mendapat bantuan beras 3kg perorang. Sekali lagi, ayo wujudkan Indonesia Sehat, Indonesia Kuat, Indonesia Maju,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menyampaikan, kegiatan vaksinasi ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan di UNIDA Bogor. Sebelumnya, diselenggarakan juga kegiatan pencanangan vaksinasi yang dikhususkan bagi para dosen, tenaga kependidikan dan sebagian mahasiswa bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si berharap penyelenggaraan vaksinasi ini dapat membantu masyarakat sekitar untuk meningkatkan imunitas sehingga menekan penyebaran Covid-19.

“Tentunya harapan kami vaksinasi ini dapat mencakup sebagian besar, baik itu dari rentang usia di atas 12 tahun maupun berlaku untuk umum. Sebelumnya, kita lebih fokus kepada dosen, tenaga kependidikan dan juga sebagian mahasiswa. Jadi sekarang ini diharapkan khususnya masyarakat di sekitar kampus, Ciawi, ini bisa divaksinasi,” ujarnya.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita bisa membantu masyarakat untuk segera terbebas dari Covid-19, karena vaksin ini merupakan langkah preventif, sebagai sarana kita untuk mencegah, maka dari itu, kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si mengungkapkan, sebagai lembaga pendidikan tinggi, UNIDA Bogor memiliki program University Responsibility sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat.

Ini sebagai salah satu wujud University Responsibility, dimana UNIDA Bogor dalam hal ini berupaya untuk meningkatkan kepedulian sosial baik itu kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar, tentu dalam penanggulangan Covid-19 ini melalui penyelenggaraan kegiatan vaksinasi,” ungkapnya.