Dalam rangka mewujudkan percepatan Visi Universitas Djuanda yaitu menjadi Universitas Riset yang diakui dunia, Writing Center Universitas UNIDA (WCU) kembali hadir dengan program terbaru yaitu Program Menuju Publikasi WoS dan Scopus (6/8).

Program ini berlangsung selama 7 minggu dengan materi-materi dasar terkait teknik menulis artikel ilmiah yang berkualitas dan memenuhi standar publikasi internasional. Pada akhir program ini, peserta akan diberikan sesi “Meet The Editor” untuk dapat langsung berinteraksi dengan Editor Jurnal Internasional bereputasi dan dapat berbagi pengetahuan langsung dengan pakar dibidang Publikasi Jurnal Internasional bereputasi. Bekerjasama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) Universitas Djuanda.

Peserta dalam program ini difokuskan khusus bagi dosen penerima hibah penelitian dari Kemdikbud, dosen yang sedang studi lanjut S3 dan dosen penerima hibah internal Perguruan Tinggi di Lingkungan Universitas Djuanda Bogor.

Ketua WCU, Prof. Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M. Eng., Ph.D.  dalam penyampaian materinya menyampaikan bahwa metode pelaksanaan pelatihan ini bersifat Daring (E-Coaching) dengan memanfaatkan Platform virtual seperti : Zoom Meeting, Whatsapps, dan E-mail. Dalam program ini terdapat ketentuan yang harus diikuti oleh peserta, diantaranya  Peserta harus sudah harus memiliki draft artikel ilmiah berbahasa Indonesia, peserta mempersentasikan artikelnya dihadapan pemateri, peserta mendapat umpan balik dari pemateri, proses revisi umpan balik, persentasi ulang terus akan ditindak lanjuti disetiap pertemuannya hingga artikel siap diterjemahkan dan di submit ke jurnal yang ditentukan, diupayakan peserta sudah memilih target jurnal yang akan dituju, peserta mengirimkan draft artikel yang telah dibuat dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana.

 

“Program ini diharapkan dapat menggerakkan giat publikasi internasional Dosen Universitas Djuanda, khususnya pada jurnal-jurnal yang terindeks skala internasional, serta diharapkan dapat menjadi program yang tepat guna dan tepat sasaran dengan sumberdaya dan prioritas kebutuhan dalam waktu dekat,” ungkap Prof. Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M. Eng., Ph.D.

Wakil Ketua WCU, Dr. Rasmitadila, ST., M.Pd. menyatakan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan kepada para dosen untuk dapat menulis dan menghasilkan satu paper yang kemudian siap untuk dikirimkan kepada jurnal internasional bereputasi termasuk terindeks WoS dan Scopus. Untuk topik kegiatan minggu ini yaitu bagaimana menulis metodologi di artikel dengan baik dan benar sehingga kemudian dari paper yang sudah dikirim oleh dosen UNIDA Bogor, direview dan kemudian dibedah apa yang menjadi kukurangannya dan setelah itu dosen melakukan revisi. Kemudian setelah direvisi kemudian dilanjutkan untuk minggu depan topik yang berbeda, sehingga pada akhir dari kegiatan ini dosen menghasilkan satu paper, manuscript atau artikel yang siap disubmit ke jurnal internasional bereputasi.

“Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tiap minggu dan berbeda topik tiap minggunya dan WCU memanggil chief editor dari beberapa jurnal internasional yang terindeks WoS dan Scopus dikarenakan UNIDA Bogor akan mengadakan seminar internasional lanjutan dari seminar internasional UNIDA Bogor sebelumnya dan outputnya akan dipublish di jurnal internasional yang terdapat di universitas yang menjadi kolega UNIDA untuk melaksanakan seminar itu. Agar dosen-dosen memiliki kesempatan untuk publish disana maka Writing Center UNIDA Bogor mengundang para chief editor agar dapat mengenalkan dan menjelaskan sehingga dosen-dosen UNIDA Bogor yang mengikuti seminar tersebut mendapakan output yang dimana paper, manuscript atau artikelnya bisa publish di jurnal internasional kolega UNIDA Bogor tersebut,” tambah Dr. Rasmiadila, ST., M.Pd.