Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dan Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) adakan Upacara Virtual Peringatan HUT RI yang ke-76 menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings dan live streaming via Youtube (17/21). Upacara ini dipimpin oleh Ketua Umum Yayasan PSPIAI, Dr. Bambang Widjojanto, M.Sc. selaku Inspektur Upacara dan dihadiri oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH.,MH beserta jajaran, Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si beserta jajaran serta diikuti oleh Insan Yayasan PSPIAI dan UNIDA Bogor.

Inspektur Upacara Virtual sekaligus Ketua Umum Yayasan PSPIAI, Dr. Bambang Widjojanto, M.Sc. menyatakan dalam pemaparannya bahwa ada proses yang menarik dari dekonstruksi kemerdekaan Republik Indonesia dan banyak hal penting untuk menjadi pembelajaran bagi seluruh rakyat Indonesia.

Para sejarawan sudah sepakat bahwa tidak benar Belanda menjajah RI selama 350 tahun, akan tetapi hanya puluhan tahun saja yang dimulai dari tahun 1910-an. Ada juga suatu pendapat tarik menarik antara kaum muda dan pihak Soekarno-Hatta, kaum muda ingin sesegera mungkin memerdekakan Indonesia pada saat Jepang menyerah dan pihak Soekarno ingin menyiapkan secara matang kemerdekaan sehingga lahirlah peristiwa pengasingan Soekarno-Hatta di Rengasdengklok oleh kaum muda, kemudian ditentukanlah bahwa kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Peristiwa selanjutnya yaitu resolusi jihad dari para Kiyai dan Ustadz untuk mempertahankan kemerdekaan yang melahirkan peristiwa 10 November atau hari pahlawan, dimana peristiwa yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari pihak yang merongrong kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun ini, merayakan HUT ke-76 dengan tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, jika tema ini direfleksikan kepada proses  kemerdekaan sudah dijelaskan, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh, kita bisa bertumbuh hanya dilakukan jika kita memiliki tekad kuat dan dengan syarat kita jangan mengubah janji Founding Father, karena negara ini dibentuk untuk membentuk suatu pemerintah guna melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia untuk mememajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta dengan mewuujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, itulah janji para Founding Father  dan alasan mengapa kita perlu membentuk negera dan pemerintahan Indonesia jadi Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, kita semuanya bertumbuh harus tetap menetapkan diri untuk mewujudukan apa yang dijanjikan Founding Father dan yang terdapat di alinea 4 Pembukaan UUD 1945.

“Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh hanya dapat diwujudkan jika kita merangkul umat dan kita semua melakukan segala daya upaya untuk melawan siapa pun yang mencoba melawan dan membelokan cita dan  janji suci proklamasi. Keikhlasan untuk berjuang pada negeri merupakan harga yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Semoga Indonesia tidak hanya sekedar merdeka akan tetapi semakin jaya kendati seribu tantangan datang menghadang, semoga Indonesia semakin bersinar sehingga menjadi suar karena terus melakukan syiar, kendati diserbu tanpa jeda oleh kaum pandir yang senangnya makar. Dirgahayu Indonesiaku ke-76, kami seluruh civitas akademika UNIDA Bogor akan terus menjagamu, menjaga asa dan cintamu untuk mewujudkan citamu Indonesia, merdeka!,” tutur Dr. Bambang Widjojanto, M.Sc.

Chancellor UNIDA Bogor dalam ucapan HUT ke-76 RI menyatakan walaupun diadakan secara virtual, peserta antusias terhadap upacara ini. Kiranya kita bisa mengisi kemerdekaan dengan karya-karya positif untuk membuktikan kepada dunia bahwa kita merupakan bangsa yang maju, bangsa yang beradab dan bangsa yang harus diperhitungkan dunia.

“Dan saya mengajak kepada seluruh insan UNIDA Bogor untuk mengisi kemerdekaan dengan karya nyata. Mudah-mudahan peringkat UNIDA Bogor naik pada tahun ini dan semoga prestasi kita semakin meningkat. Dan untuk peneliti yang mendapatkan hibah ayo kita selesaikan penelitian kita agar riset di UNIDA Bogor terus meningkat. Dan kegiatan rutin UNIDA Bogor memberikan penghargaan kepada dosen dan tendik yang berprestasi dan teladan yang secepatnya nanti akan diumumkan dalam rangkaian acara HUT RI ke-76 di UNIDA Bogor,” tutur Dr. H. Roestamy, SH., MH.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardays, M. Si menambahkan dalan ucapannya bahwa mari isi kemerdekaan dengan karya inovatif agar kita UNIDA Bogor bisa tumbuh dalam suasana tauhid dan bisa berkembang untuk menggenggam dunia, meraih akhirat.