Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Penandatanganan Kerjasama dengan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak Papua yang diselenggarakan secara luring di Aula Senat UNIDA Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat (13/12). Kerjasama ini mengenai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan turut dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si, Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, M.Si serta diikuti oleh wakil fakultas yang ada di UNIDA Bogor. Perwakilan dari IISIP diantaranya  Rektor IISIP Yapis Biak, Drs. Djamil Hasim, M.Si. beserta jajaran.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam paparannya menyampaikan terima kasih kepada IISIP Yapis Biak yang telah berkunjung ke UNIDA Bogor dan melakukan penandantanganan kerjasama. pada saat ini semua universitas termasuk UNIDA Bogor melakukan segala jalan untuk program MBKM yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dan kerjasama ini diharapkan dapat memajukan pendidikan nasional dan diharapkan juga bahwa kerjasama ini memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat di Papua dan dapat banyak mengimplementasikan program-program yang ada di MBKM.

Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP menyampaikan bahwa MBKM ini banyak yang sudah dikelola dan dilaksanakan oleh UNIDA Bogor dan pada saat ini UNIDA Bogor juga selenggarakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang datang dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia dan berlangsung sampai tanggal 15 Januari 2022, kegiatan lainnya ada magang MBKM dan program MBKM lainnya yang banyak sudah dilaksanakan oleh UNIDA Bogor.

“MBKM ini juga ada kegiatan yang dilaksanakan internal dan eksternal bersama perguruan tinggi lainnya dan keduanya dilaksanakan oleh UNIDA Bogor yang nantinya dapat dilaksanakan MBKM tersebut dalam kerjasama antara UNIDA Bogor dan IISIP Yapis Biak,” tutur Dr. Ir. Ristika Handarini, MP.

Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, M.Si. menyatakan UNIDA Bogor terdiri dari 7 fakultas dan 1 pasca peringkat 71 se-Indonesia non-vokasi. UNIDA Bogor sudah siap untuk MoU antara UNIDA Bogor dengan IISIP Yapis Biak dengan UNIDA Bogor khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang sejalan dengan IIPIS Yapis Biak. Kerjasama tersebut  ditandantangin oleh kedua belah pihak karena dokumen dokumen sangat penting untuk bobot pemerintangkatan sehingga diharapkan kerjasama ini dapat didokumentasikan dengan MoU dan MoA.

Dekan FISIP UNIDA Bogor, Drs. Denny Hernawan, MA menambahkan Kerjasama ini juga bisa dalam bidang jurnal ilmiah yang nanti bisa direncanakan. FISIP juga melaksanakan pertukaran mahasiswa dalam MBKM yang manfaatnya sangat dapat dirasakan dan mahasiswa memperoleh banyak hal dan pengalaman yang luar biasa. Kerjasama ini diharapkan dapat menyelenggarakan dan mengimplementasikan MBKM sehingga dapat meningkatkan institusi kedua belah pihak.

Rektor IISIP Yapis Biak, Drs. Djamil Hasim, M.Si memaparkan bahwa Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak manfaat kepada dua pihak dan tentunya kepada masyarakat. Kedatangan IISIP Yapis Biak ke UNIDA Bogor untuk lebih mengenal UNIDA Bogor dan untuk bekerjasama dengan UNIDA Bogor. Ini hal yang baru dan kami baru tahu bahwa UNIDA Bogor luar biasa dan diharapkan kedepannya UNIDA Bogor dan IISIP Yapis Biak dapat bekerjasama dalam berbagai bidang.

“Harapannya bukan hanya MoU atau MoA akan tetapi lebih kepada implementasi sehingga akan ada kerjasama jangka panjang antara UNIDA Bogor dan IISIP Yapis Biak. UNIDA Bogor dikenal dengan prestasinya yang luar biasa dan diharapkan dapat bekerjasama sehingga bisa saling memberikan manfaat dan dampak positif bagi kedua institusi,” ungkap Drs. Djamil Hasim, M.Si.