Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Pra-Pendidikan Dasar Gabungan dengan Universitas Pakuan (Unpak) untuk pemberangkatan Pendidikan Latihan Dasar Kemiliteran Resimen Mahasiswa Mahawarman (DIKLATSARMIL) Calon Menwa UNIDA Bogor diselenggarakan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan dan diselenggarakan di lapangan UNIDA Bogor pada Rabu, 16 Februari 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) Asep Ubaedilah, S.Sos. beserta jajaran, Perwakilan Polisi Sektor Ciawi, Sovian dan Perwakilan dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kecamatan Ciawi, Wiyanto serta diikuti oleh anggota Menwa khususnya 7 calon anggota Menwa UNIDA Bogor dan 3 orang dari Unpak. DIKLATSARMIL nantinya akan diadakan pada tanggal 18 Februari sampai dengan 9 Maret 2022 di Dodik Secata Rindam III/Siliwangi Bandung.

Perwakilan Ditmawa UNIDA Bogor, Asep Ubaedilah, S.Sos dalam sambutannya menyatakan bahwa diharapkan dalam kegiatan pra-pendidikan ini serta kegiatan DIKLATSARMIL nanti anggota Menwa UNIDA Bogor dan Unpak selalu sehat walafiat dan pesan untuk senior diharapkan terus memantau para anggota barunya saat nanti pelatihan.

“Pelatihan ini tentunya akan selalu terkenang dan tidak terlupakan dan diharapkan juga para peserta bukan hanya menyelesaikan pendidikannya saja akan tetapi harus dapat menerapkannya baik di perguruan tinggi maupun di masyarakat terutama dalam loyalitas dan disiplin,” tutur Asep Ubaedilah, S.Sos.

Perwakilan Babinsa Kecamatan Ciawi, Suwito dalam sambutannya menyampaikan pesan untuk para peserta selalu menjaga sikap dalam pelatihan nanti, terutama kerapihan serta kekompokan dan harus selalu menjaga nama baik kampus dan nama baik batalyon 7 suryakencana. Pada kesempatan yang  sama, perwakilan Polsek Ciawi, Sovian dalam menyatakan, para anggota yang akan ikut kegiatan baik pra-pelatihan dan pelatihan harus selalu menjaga kesehatan serta jaga terus protokol kesehatan walau dipelatihan harus diutamakan karena saat ini masih pandemi.

“Jangan takut akan COVID-19 akan tetapi harus tetap selalu waspada. Harapannya peserta menggali informasi dan ilmu kemiliteran sebanyak mungkin dan nanti bisa menjadi bekal saat mahasiswa nanti mau masuk ke kemiliteran dan tentu dapat digunakan juga dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat,” ungkap Sovian.

Komandan Menwa Kompi-D UNIDA Bogor, Ripal Gustaman dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan dari pelatihan gabungan ini yaitu untuk menumbuhkan jiwa korsa antar satuan serta tentunya untuk peningkatan kedisiplinan anggota.

"DIKLATSARMIL nanti memiliki tujuan agar para anggota dapat memahami dasar dari kemiliteran, untuk menumbuhkan karakter dan sikap yang bertanggung jawab serta meningkatkan loyalitas baik kepada negara, bangsa, agama dan perguruan tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP selaku Wakil Rektor I UNIDA Bogor menuturkan, perlu adanya komitmen dari para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan DIKLATSARMIL dengan baik, oleh karena itu kedisiplinan menjadi kunci yang wajib dimiliki.  

"Karena di dalam pelatihan banyak yang akan dipelajari, mulai dari bela negara, cara bertahan di setiap kondisi, dan lain sebagainya. Maka, kedisiplinan sangat dibutuhkan. Ikuti setiap tahapan dengan baik, jangan sampai luntur semangat. Ambil ilmu sebanyak-banyaknya agar pulang membawa bekal untuk bisa diaplikasikan sehingga bisa memberikan kebermanfaatan, baik itu dalam skala kecil maupun skala besar," tuturnya pada saat melepas  peserta DIKLATSARMIL, Jumat (18/2/2022).