Pondok Pesantren Mahasiswa Bina Tauhid (Ponpes Mabit) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Simaan Al-Quran 30 Juz tahun 2019 yang bertemakan “Segala Puji Bagi Allah yang Menjadikan Al-Quran Rahmat, Kabar Gembira dan Petunjuk Bagi Manusia”. Bertempat di Masjid Baitul Hamdi UNIDA pada tanggal 24 Desember sampai dengan 25 Desember dan acara dimulai setelah solat Shubuh berjamaah. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Ponpes Mabit UNIDA, Arif Irawan, S.Ag., MA. beserta jajaran. Acara ini berisikan pembacaan Ayat Al-Quran dari Juz 1 sampai Juz 30.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan moto UNIDA dan pengimplementasian dalam pendidikan kampus bertauhid di UNIDA. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Lembaga Pengkajian dan Penerapan Tauhid UNIDA, Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I. dalam sambutannya.

“Kegiatan Simaan Al-Quran 30 Juz ini diselenggarakan dengan tujuan untuk melaksanakan moto UNIDA yaitu kampus bertauhid dan cara universitas mengimplementasikan Pendidikan Kampus Bertauhid dalam kehidupan kampus. UNIDA juga memiliki 21 Karakter Tauhid yang dimana dengan Simaan Al-Quran ini diharapkan mampu menanam dan meningkatkan peingimlplementasian 21 Karakter Tauhid di lingkungan unida khususnya,” tutur Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I.

Kegiatan Simaan Al-Quran 30 Juz ini banyak manfaatnya yang diantaranya untuk mengisi hari libur dengan kegiatan yang bermanfaat dan untuk menjaga hafalan Al-Quran. Seperti yang disampaikan oleh Peserta Simaan Al-Quran 30 Juz, Elis Mukhlisoh Said dalam sesi wawancara.

“Simaan Al-Quran 30 Juz ini Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali bagi diri saya pribadi khususnya, karena dengan kegaitan ini hari libur saya menjadi sangat bermanfaat yang diisi simaan Al-Quran dan kegiatan ini juga dapat membantu saya dalam menjaga hafalan Al-Quran saya,” tutur Elis Mukhlisoh Said.

Acara ini juga diisi dengan solat tahajud bersama dan yang ikut serta dalam Simaan Al-Quran ini mendapatkan sertifikat. _FAI_