Pandemi Covid-19 yang tengah terjadi membuat banyak orang mengurangi berbagai kegiatan di luar. Selain itu, kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan pun terpaksa harus terhenti. Apalagi memasuki bulan Ramadan, beberapa kegiatan bermanfaat seperti pengajian pun terpaksa ditiadakan. Namun, terjadinya pandemic Covid-19 tersebut tak menghalangi orang untuk terus melangsungkan kegiatan ibadah rutin. Seperti halnya yang dilakukan Rektor Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, Dede Kardaya.

Ia bersama dengan jajaran dosen dan staf pegawai UNIDA Bogor tetap melangsungkan kegiatan tadarus Al-Qur’an yang biasanya selalu dilaksanakan rutin. Meski berkegiatan di rumah , kegiatan tadarus tetap dilangsungkan melalui grup pesan singkat.

“Pengajian di rektorat ini dilakukan di grup, ada beberapa grup, seperti grup structural sampai kepada biro. Lalu  ada grup para dekanat sampai rektorat, ada juga grup masing-masing fakultas. Mereka bikin grup khatam Al-Qur’an ditarget, ada yang one week one juz, ada yang satu minggu dua juz. Jadi Alhamdulillah masih masih jalan kegiatan itu, saya mengimbau aja pelaksanaan itu dan responsnya juga positif,” ujarnya kepada Radar Bogor, Rabu (29/4).

Walaupun terdapat anjuran untuk berdiam diri di rumah, Dede pun masih tetap menjalankan tugasnya sebagai seorang rector. Sesekali dirinya dating ke kantor untuk memeriksa surat-surat yang dating langsung ke ruangannya dan melakukan pengontrolan fasilitas universitas.

“Paling ngontrol masalah internetnya bagus atau enggak, karena kan semua kegiatan daring sehingga kita harus betul-betul memberikan fasilitas yang bagus. Ketika pelaksanaan UTS kemarin kana da yang serentak melaksanakan daring. Nah kalau hari yang sama servernya kan bisa tidak stabil, makannya jadwal pun diatur supaya enggak terjadi gangguan,” ucapnya.

Selain itu, bekerja dari rumah membuat Dede memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga. Setiap hari selama menjalani ibadah puasa Ramadan, Dede mengaku selalu melaksanakan ibadah bersama dengan keluarga, seperti salat teraweh, tadarus, dan belajar bersama. (cr4/c)

Sumber : Radar Bogor Edisi Kamis, 30 April 2020, Rubrik Radar Ramadan, Halaman 4