Badan Narkotika Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor adakan kunjungan ke Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dalam rangka menyambut Hari Anti Narkotika Internasional yang jatuh pada tanggal 26 Juni. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung A UNIDA Bogor dan dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. beserta jajaran dan Kepala BNN Kabupaten Bogor, AKBP H. Moh. Syabli, SH., MH. beserta jajaran (10/06). Kunjungan ini merupakan bentuk silaturahmi sekaligus membahas program kerjasama yang akan diimplementasikan dalam waktu mendatang.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam pemaparannya menyatakan kampus sudah menjadi sasaran entah sebagai transit atau korban dari penyalahgunaan sendiri di Indonesia dan membuat UNIDA Bogor sangat khawatir. Kerjasama dengan BNN ini menjadi sesuatu yang sangat bagus untuk memerangi narkoba yang semakin mengkhawatirkan di masyarakat khususnya di lingkungan kampus.

“Harapan kedepannya insan UNIDA Bogor semakin ahlakul karimah yang jauh dari penyalahgunaan narkoba dan UNIDA Bogor akan selalu menyosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat yang itu tentunya akan menjadi salah satu bentuk perlawanan UNIDA Bogor terhadap penyalahgunaan narkoba yang semakin meresahkan,” ungkap Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Kepala BNN Kabupaten Bogor, AKBP H. Moh. Syabli, SH., MH.  menyatakan bahwa dengan kampus khususnya UNIDA Bogor menjadi partner untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba karena kampus sangat dekat dengan masyarakat dan itu menjadi lebih efektif dan efisien dalam memerangi penyalahgunaan narkoba.

“Universitas khususnya UNIDA Bogor mempunyai kuku yang kuat di masyarakat sehingga dalam pengenalan dan sosialisasi dalam rangka memerangi penyalahgunaan narkoba lebih baik karena sosialisasi penyalahgunaan narkoba sangat penting karena dengan sosialisasi maka masyarakat akan lebih paham dan tahu seberapa besar bahaya dari penyalahgunaan narkoba. Dengan bekerjasama dengan unida Bogor tentu akan sangat membantu dalam permasalahan penyalahgunaan narkoba di masyarakat dan kerjasama sudah terjalin antara BNN Kabupaten Bogor dan UNIDA Bogor yang diharapkan kedepannya akan lebih banyak implementasi dari kerjasama tersebut,” ungkap AKBP H. Moh. Syabli, SH., MH.

Wakil Rektor III UNIDA Bogor. Ir. H. Himmatul Miftah menyatakan UNIDA Bogor selalu memerangi narkoba seperti pada tahap awal pengenalan kepada mahasiswa baru selalu memasukan materi penyalahgunaan narkoba sehingga mahasiswa lebih paham betul mengenai bahaya yang disebabkan oleh narkoba.

“Dalam kerjasama antara UNIDA Bogor dan BNN Kabupaten Bogor diharapkan kedepannya dapat lebih banyak melaksanakan program-program yang diusung oleh UNIDA Bogor dan BNN Kabupaten Bogor dalam rangka melawan penyalahgunaan narkoba terutama di lingkungan kampus,” ungkap Ir. H. Himmatul Miftah.

Direktur Direktorat Sumber Daya Insani (DSDI) UNIDA Bogor, Aal Lukmanul Hakin, SH., MH. menyatakan juga bahwa narkoba sangat membahayakan kampus, kampus sangat menolak dengan tegas untuk penyalahgunaan narkoba dan komitmen UNIDA Bogor akan selalu memerangi penyalahgunaan narkoba.

“Kedepannya nanti diharapkan nantinya kerjasama antara UNIDA Bogor dan BNN dapat di implementasikan dengan nyata di dalam kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan penyalahgunaan narkoba dan kedepannya akan dibentuk satgas anti narkoba di UNIDA Bogor. Dan UNIDA Bogor akan selalu mengadakan pencegahan-pencegahan untuk penyebaran penyalahgunaan narkoba,” punkas Aal Lukmanul Hakin, SH., MH.