Santri Pondok Pesantren Bina Tauhid (PP MABIT) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Perlombaan Menyambut Malam Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan di Mesjid Baitul Hamdi (MBH) UNIDA Bogor (28/04). Perlombaan tersebut diikuti oleh santri PP MABIT UNIDA Bogor dan memperlolmbakan 3 cabang perlombaan diantaranya yaitu Musabaqah Hifdzil Qur’an ( MHQ ), Cipta Puisi dan Lomba Cerdas Cermat (LCC).

Memperingati Malam Nuzulul Quran sudah menjadi kegiatan rutin yang setiap tahun dilakukan di Pondok Pesantren Mahasiswa Bina Tauhid. Kegiatan tersebut sebagai media untuk menjalin silaturahmi sekaligus sebagai motivasi untuk meningkatkan nilai-nilai ibadah kepada Allah SWT dan memperingati malam mulia turunnya Al - Quran.

Pembina Tahfidz PP MABIT UNIDA Bogor, Ust. Zaylani Hanifa dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan perlombaan ini diharapkan dapat menambah pengalaman para santri dan mengukur kelancaran hafalan para santri.

“Pendapat saya tentang perlombaan ini, yang pertama dapat menumbuhkan motivasi bagi para santri terutama bagi yang tidak menang dalam perlombaan, dan juga dengan adanya acara lomba Tahfidz dan LCC bisa mengetahui lancar nya hafalan kita dan menambah pengalaman di dalam menghadapi lomba-lomba yang akan dating,” tutur Ust. Zaylani Hanifa.

Ketua Pelaksana, M. Zainal Arifin dalam sambutannya menyatakan semoga dengan menyambut malam Nuzulul Qur’an PP MABIT UNIDA Bogor mendapatkan keberkahan.

“Dengan diadakannya Perlombaan santri ini, semoga menambah semangat para santri dalam menghafal Alquran dan mempelajari ilmu-ilmunya, karena malam Nuzulul Qur’an adalah malam diturunkannya kalam Ilahi, dan kita mendapat keberkahan Alquran dengan menyambut malam mulia ini,” ungkap M. Zainal Arifin.

Peserta dari Fakultas Kegutuan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIDA Bogor, Siti Rahmawati dalam sesi wawancara menyatakan

“Alhamdulillah senang sekali bisa mengikuti bahkan berpartisipasi untuk memeriahkan acara malam Nuzulul Qur’an dan di dalamnya di meriahkan dengan acara perlombaan yang menarik dan dapat mengembangkan ilmu para santri seperti Musabaqah Hifdzil Quran, Lomba Cerdas Cermat, dan cipta puisi,” pungkas Siti Rahmawati.

Hasil perlombaan diumumkan pada tanggal 29 April 2021 dalam acara Peringatan Malam Nuzulul Qur’an dan Santunan Anak Yatim.