Pondok Pesantren Mahasiswa Bina Tauhid (PP MABIT) selenggarakan Muhadoroh Kubro (Memperingati  Isra Mi'raj dan Tarhib Ramadan) yang bertajuk "Bersihkan Hati Siapakah Diri  Menyambut Bulan Suci" yang diselenggarakan di lingkungan UNIDA Bogor pada tanggal 10 April 2021. Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH, Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. beserta jajaran, Ketua Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI), Dr. R. Hj. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I. 

Kegiatan ini sebagai bentuk memperingati Isra Miraj sudah menjadi kegiatan rutin yang setiap tahun dilakukan di Pondok Pesantren Mahasiswa Bina Tauhid, begitupun dengan acara Tarhib Ramadhan. Kegiatan tersebut sebagai media untuk menjalin silaturahmi sekaligus sebagai motivasi untuk meningkatkan nilai-nilai ibadah kepada Allah SWT dan mempersiapkan hati untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Ketua Umum YPSPIAI, Dr. R. Hj. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I. menyampaikan bahwa sebagai Santri haruslah menyambut ramadhan penuh suka.

"Ramadhan menjadi madrasah terbaik untuk mengasah kebaikan dalam diri kita untuk menjadi manusia terbaik dihadapan Allah," tutur Dr. R. Hj. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M. Si. dalam pemaparan sambutannya memaparkan perjalanan di Turki yang mengajarkan banyak hal bahwa untuk dakwah kita harus luar dan berani menjelajahi negeri yang bersejarah.

"Menjadi santri harus pandai dalam segala hal terutama menguasai bahasa agar mampu berkomunikasi dengan negara lain dengan tujuan dakwah," ungkap Dr. Ir. Dese Kardaya, M.Si.

Dosen FKIP UNIDA Bogor sekaligus alumni PP MABIT UNIDA Bogor, Rendi Ramdhani, M.Pd. dalam pemaparan materinya menyatakan Ramadhan adalah ajang berbakti kepada orang tua dengan memperbanyak pahala dan doa kepada mereka.

"Nikmat besar kita bisa masuk surga nikmat utama diberikan kesempatan kita bertemu dengan Allah SWT. Kenikmatan bagi yg berpuasa ketika ia berbuka puasa dan ketika kita bisa bertemu dengan Allah SWT, " tutur Rendi Ramdhani, M.Pd.

Perwakilan peserta, Zuraidah Rahma dalam sesi wawancaea menyatakan suatu apresiasi bagi bisa mengikuti dan ikut serta meriahkan kegiatan muhadoroh kubro dalam rangka isra mi'raj dan tahrib ramadhan tahun ini. 

"Saya sangat berkesan karena mulai dari fasilitas bahkan performance nya pun lebih² dari menakjubkan dan memotivasi diri dari setiap tausiyah yang disampaikan semoga acara ini tetap berkembang di setiap tahun selanjutnya, dan semakin membangkitkan diri dalam semua kebaikan," pungkas Zuraidah Rahma.