Kegiatan alam bebas memang sangat di minati oleh anak muda di zaman sekarang. Namun, jika tidak mengetahui resiko yang akan terjadi maka bisa membahayakan diri sendiri. maka dari itu di Mapala Djuanda anggota baru atau sering di sebut anggota muda di berikan tahapan dalam proses menjadi anggota tetap seperti wajib mengikuti kegiatan  Aplikasi.

Kali ini Mapala Djuanda mengadakan kegiatan aplikasi rafting di sungai ciliwung, Bojong gede, Bogor. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (23-24/2/19). Kegiatan aplikasi rafting kali ini Mapala Djuanda bekerjasama dengan Yayasan Lintas Sungai Abadi ( YALISA ) yang langsung memberikan arahan kepada peserta selama kegiatan.

Sesuai konsep kegiatan di hari pertama kegiatan terfokus pada materi dasar arung jeram seperti teknik dayung, Water rescue, renang jeram, pengarungan jarak dekat dll. Di hari kedua (24/2/19) di rencanakan akan dilaksanakan pengarungan dengan jarak sekitar 6.3 KM.

Selain dilatih materi dasar arung jeram, anggota muda juga harus bisa melakukan manajemen kegiatan dengan baik, kebersamaan, kekompakan, kepemimpinan, dengan penuh rasa semangat dan tanggung jawab.

salah satu anggota muda XXVIII Mapala Djuanda (M. Riski Firdaus)  menyampaikan pentingnya mengikuti kegiatan ini karena mendapatkan pengalaman dan wawasan baru tentang kegiatan arung jeram.

 “saya merasa kegiatan aplikasi rafting ini sangat luar biasa, karena kita benar-benar mendapatkan wawasan baru, diajarkan begitu banyak hal, seperti cara melakukan pengarungan yang baik, renang jeram, water rescue dll. Menurut saya pengetahuan ini sangat penting untuk kita ketahui sebab tanpa kita sadari hal ini berguna untuk diri sendiri dan orang lain” tuturnya.