Biro Humas dan Protokoler (BHP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bersama dengan Direktorat Promosi, Marketing dan Penerimaan Mahasiswa Baru (DPMPMB) melaksanakan persiapan konten Podcast UNIDA TV pada Rabu (16/6/2021). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting tersebut diperuntukkan bagi para UNIDA Ambassador selaku duta kampus UNIDA Bogor.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menyampaikan dalam sambutannya, keadaan pandemi COVID-19 menyebabkan segala kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tidak hanya itu, keadaan tersebut mengharuskan untuk dapat lebih kreatif dan inovatif memanfaatkan peran teknologi secara maksimal. Maka dari itu Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si berharap, konten Podcast UNIDA TV yang akan dijalankan menjadi upaya dalam peningkatan pemanfaatan teknologi sehingga diharapkan dapat meningkatkan promosi dan branding universitas.

“Melalui kolaborasi antara Direktorat Promosi, Marketing dan Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Biro Humas dan Protokoler serta dalam pelaksanaannya nanti di-support oleh UNIDA Ambassador selaku Duta Kampus Universitas Djuanda semoga dapat memberikan konten yang mendidik, informatif, kekinian dan tetap dalam koridor 21 Nilai Karakter Tauhid Universitas Djuanda,” ujar Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Pada sesi pertama, para peserta diberikan tips dan trik menjadi Master of Ceremony (MC) kekinian oleh M. Rifai Eka Pratama dari Biro Humas dan Protokoler. Menjadi MC kekinian diperlukan skill komunikasi yang baik, ada teknik-teknik tertentu dalam membawakan sebuah acara sehingga para audiens dapat merasa nyaman.

“MC memegang tanggung jawab bagaimana jalannya acara berjalan lancar. Secara umum, tugas MC ada 3, yang disingkat menjadi TIM. Pertama, yaitu Time, artinya memastikan acara berjalan sesuai waktunya, MC sebagai pengatur waktunya. Kedua, Introducer yang mana MC memiliki tugas untuk mengenalkan pengisi acara, MC harus tahu secara detail yang menjadi pengisi acara agar audiens paham. Ketiga, Mood Setter, MC harus mampu menjaga antusiasme, gairah, dan kemeriahan suasana,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur DPPMB UNIDA Bogor, Gugun Gunadi, S.Pd.I., M.Pd lebih jauh mengenalkan product knowledge yang perlu diketahui dan dipahami oleh para UNIDA Ambassador, khususnya terkait dengan profil kampus, serta program penerimaan mahasiswa baru dan program beasiswa di UNIDA Bogor.

“Di dalam visi, ada 3 kata kunci yang perlu digaris bawahi. Pertama yaitu riset, menjadi kampus yang melahirkan banyak peneliti. Kedua, menyatu dalam tauhid, yang kita miliki motto sebagai universitas yang menggenggam dunia dan meraih akhirat. Kata kunci ketiga yaitu diakui dunia yang menjadi target bersama. Lulusan UNIDA Bogor diharapkan dapat cerdas secara intelektual, spiritual, emosional, sosial dan juga adversity. Kemudian menjadi lulusan yang mandiri, serta kompeten dalam bidangnya,” tuturnya.

Pada sesi terakhir, Kepala BHP UNIDA Bogor, Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P memaparkan terkait dengan keseluruhan konten podcast UNIDA TV yang rencananya akan dijalankan secara live streaming melalui kanal YouTube UNIDA TV dan official account instagram UNIDA Bogor.

Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P menyebutkan, ada beberapa konten yang nantinya akan dijalankan sesuai dengan rubrik kegiatan. Dimulai dari Ta’aruf bersama Fakultas, UNIDA Bogor Kampus Riset, UNIDA Bogor Kampus Bertauhid hingga rubrik khusus bersama dengan seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan UNIDA Bogor.

“InsyaAllah ini adalah sebuah wadah baru yang konsepnya edutainment, edukasi dan entertainment. Ini tidak akan bisa terlaksana tanpa dukungan semua pihak untuk mendorong peningkatan branding kampus. Tujuannya yaitu mengamalkan nilai 21 karakter tauhid, antara lain nilai creativeness dan participatory. Kemudian juga tentunya untuk promosi dan branding university. Lalu untuk mendorong peran aktif UNIDA Ambassador sebagai duta kampus, dan juga menjadi wadah eksistensi bagi mahasiswa untuk dapat membagikan pengalaman berkaitan dengan konten yang telah disediakan,” paparnya.