Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Peringatan 10 Muharram 1442 Hijriah yang bertajuk “Dengan Peringatan 10 Muharram Kita Tingkatkan Kepedulian dan Keshalehan Sosial” (28/8). Kegiatan ini bertempat di Mesjid Baitul Hamdi (MBH) UNIDA Bogor dan dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. beserta jajaran, Direktur Lembaga Pengkajian dan Penerapan Tauhid (LP2T) UNIDA Bogor, Dr. Amir Mahrudin, M.Pd. beserta jajaran dan Pimpinan Pondok Pesantren Bina Tauhid (Ponpes Mabit) UNIDA Bogor, Sudiman Sihotang, SH., MH. beserta jajaran.

Peringatan 10 Muharram ini diawali dengan Khatmul Quran, Doa dan Zikir, lalu tausiyah yang diisi oleh Dr. Syamsudin Ali Nasution, M.Pd.I. selaku dosen FKIP UNIDA Bogor. Dan yang terakhir yaitu santunan anak yatim, yang diikuti oleh 100 anak yatim disekitar lingkungan UNIDA Bogor.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa bulan Muharram ini sangat istimewa karena bulan ini segala doa dikabulkan tentunya harus dibarengi dengan usaha.

“Kita sudah diserukan oleh Rasul bahwa bulan ini kita ada masa berpuasa yang dimana pahalanya insyallah dibalas dengan sama dengan pahala satu tahun puasa. Dan kita harus tetap berbagi walau dalam keadaan sempit atau sulit, dengan santunan anak yatim inilah semoga kita dapat mendapatkan berkah dalam berbagi terutama dengan anak yatim. Semoga dengan peringatan 10 Muharram ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan lebih bisa lebih berbagi lagi sehingga dapat meningkatkan kepedulian dan keshalehan sosial sesuai dengan tema yang diusung,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Sudiman Sihotang, SH., MH. dalam sesi wawancara menyampaikan bahwa kegiatan 10 Muharram ini menjadi garis start untuk mahasiswa khususnya santri Ponpes Mabit dalam melaksanakan program-program yang diagendakan.

“Kegiatan Peringatan 10 Muharram 1442 Hijriah ini menjadi garis awal dalam pelaksanaan program-program dari Ponpes Mabit UNIDA Bogor untuk kemajuan santi. Diharapkan santri selalu menjadi role model bagi mahasiswa lain dan selalu melaksanakan pancadarma yang dimiliki oleh UNIDA Bogor yaitu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, Profesionalitas dan Ketauhidan,” ungkap  Sudiman Sihotang, SH., MH.