Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor gelar penandatanganan MoU antara UNIDA Bogor dengan Ecovillage Baraya yang digelar di Kesekretariatan EcoVillage Baraya di Jalan Ciasin, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor (23/10). Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. beserta jajaran dan seluruh Dekan Fakultas yang berada di UNIDA Bogor. Penandatanganan MoU ini  menjadi awal kerjasama antara UNIDA Bogor dengan Ecovillage Baraya. Kerjasama tersebut meliputi bidang Tri darma perguruan tinggi diantaranya yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian yang dimana UNIDA Bogor dan setiap fakultas yang ada di UNIDA Bogor ikut serta dalam kerjasama dengan Ecovillage Baraya tersebut.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M. Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa kerjasama dengan Ecovillage Baraya ini tepat untuk dilaksanakan karena UNIDA Bogor memiliki program studi Perikanan yang dimana Ecovillage bergerak dalam perikanan dan kerjasama ini diharapkan dapat mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di Kecamatan Ciawi serta UNIDA Bogor dapat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi disini yang diantaranya melakukan pendidikan, penelitian hingga pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Ciawi khususnya di Ecovillage Baraya.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam penyelenggaraan kerjasama ini.  Tentu dengan kerjasama ini diharapkan kita dapat saling memberikan manfaat. Di UNIDA Bogor ada program studi Perikanan yang tentunya sangat cocok dengan Ecovillage Baraya ini, tetapi UNIDA Bogor juga mengajak seluruh fakultas yang ada di UNIDA Bogor sehingga semua fakultas dapat belajar banyak dari Ecovillage Baraya khususnya di bidang budi daya perikanan. Dan tentu Mahasiswa UNIDA dapat belajar bagaimana menghasilkan ikan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat terutama Fakultas Pertanian (FAPERTA) program studi Perikanan " ungkap Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Camat Kecamatan Ciawi, Drs. Adi Hendryana, AP., M.Si. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa diharapkan kerjasama seperti UNIDA Bogor meluas di daerah Kecamatan Ciawi yang memiliki 13 desa.

“Semoga UNIDA Bogor selalu bersinergi dalam hal pengembangan sumber daya alam dan sumber daya manusia khususnya di Kecamatan Ciawi, semoga kedepannya dapat mencakup seluruh wilayah yang berada di Kecamatan Ciawi. Diharapkan juga kerjasama ini membawa dampak yang baik bagi UNIDA Bogor, Kecamatan Ciawi khususnya pada Ecovillage Baraya ini,” tutur Drs. Adi Hendryana, AP., M.Si.

Dengan kerjasama antara UNIDA Bogor dan Ecovillage Baraya ini bisa saling belajar dan dapat saling memberikan manfaat. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Ecovillage Baraya, Irfah Satiri dalam sambutannya.

“Kami bersyukur dan bahagia sekali dapat bekerjasama dengan UNIDA Bogor. Dan semoga dengan kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan tentunya bagi UNIDA Bogor. Tentu dengan kerjasama ini kita dapat saling belajar dan saling memberikan manfaat agar tercapai tujuan dari kerjasama ini,” ungkap Irfah Satiri.