Mahasiswa KKN AKB (Kuliah Kerja Nyata Adaptasi Kebiasaan Baru) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, siti fadilah dan Nur Khoirul melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan mengadakan Pelatihan Guru yang bertajuk “Penggunaan Google Classroom dan Quizizz dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” yang dilaksanakan pada tanggal 11-13 Agustus 2020 dan diikuti oleh guru-guru di Desa Cicadas Gunung Putri.

Pelatihan ini dilaksanakan di beberapa gugus yang menaungi sekolah di beberapa desa di Kecamatan Gunung Putri. Dimana setiap sekolahnya mendelegasikan 2 orang guru untuk mengikuti pelatihan yg perharinya dihadiri 50 guru. Meski dilaksanakan dengan bertatap muka secara langsung, protokol kesehatan untuk tetap menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker tetap diterapkan.

Pembimbing Lapangan, Rendi Ramdhani, M.Pd. dalam sesi wawancara menyatakan kegiatan ini dilaksanakan diseluruh Sekolah Dasar (SD) yang bertepatan di bawah naungan Koordinator Layanan Satuan Pendidikan Kecamatan Gunung.

“Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan teman-teman guru dapat menambah pengetahuan dan menambah wawasan dalam memanfaatkan IT/media pembelajaran untuk proses pembelajaran jarak jauh, dapat menerapkan  dan mamanfaatkan aplikasi pembelajaran yang bermakna,”ungkap Rendi Ramdhani, M.Pd.

Koordinator Layanan Satuan Pendidikan Kecamatan Gunung Putri, Hj. Yunani menyatakan dalam sesi wawancara bahwa kegiatan ini penting dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas guru yang ada di Kecamatan Gunung Putri khususnya Desa Cicadas.

“menarik dan tidak membosankan. Agar teman-teman guru selalu kreatif berinovasi dalam mempersiapkan proses pembelajaran,tidak hanya pada masa pandemi covid-19 saja,tapi setiap saat,selama mereka menjadi guru dan teman-teman guru mencintai profesinya sebagai ladang ibadah" ujar Hj. Yunani.