Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Coaching Clinic dengan tema "Penulisan Hukum dan Penggunaan Metode Penelitian Hukum" yang diselenggarakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings yang diselenggarakan pada Jumat, 24 Desember 2021. Coaching Clinic tersebut diisi oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Metode Penelitian Hukum dan Pemenang Hibah Penelitian dan Pengabdian Ristekdikti, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH dan dipandu oleh Wakil Dekan II FH UNIDA Bogor, Ani Yumarni, S.H.I., MH. dan turut dihadiri oleh Wakil Dekan I FH UNIDA Bogor, Dr. Nurwati, SH., MH serta diikuti oleh Dosen dan mahasiswa FH UNIDA Bogor. Kegiaran Coaching Clinic ini merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) FH UNIDA Bogor.

Dekan I FH UNIDA Bogor, Dr. Nurwati, SH.,MH. dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan Coaching Clinic ini merupakan kegiatan yang diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas tulisan baik dari dosen maupun mahasiswa dan juga tentunya untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

"Coaching Clinic ini juga bertujuan agar tulisan mahasiswa dan dosen nantinya dapat diterbitkan di jurnal," tutur Dr. Nurwati, SH., MH.

Dosen Pengampu Mata Kuliah Metode Penelitian Hukum dan Pemenang Hibah Penelitian dan Pengabdian Ristekdikti, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH dalam pemaparan materinya menyatakan bahwa dari pengalaman menguji ada masalah pada saat bimbingan baik bimbingan skripsi atau tesis dan pada kesempatan kali ini akan membahas bagaimana memulai dan mengakhiri penulisan. Dan pada karya tulis dibagi menjadi dua yaitu karya ilmiah dan karya hukum. Karya ilmiah diantaranya skripsi, tesis, disertasi dan artikel jurnal sedangkan untuk karya hukum diantaranya yaitu putusan pengadilan, akta notaris, pledoi, peraturan pemerintah dan undang-undang. Ada pun ultimate goal atau tujuan utama dari penelitian hukum ada dua diantaranya tujuan hukum dan tujuan negara yang di dalamnya yaitu keadilan, ketertiban, perdamaian dan kesejahteraan.

"Sebagai dosen tentunya harus menjadi pembimbing yang baik dan untuk menjadi pembimbing yang baik untuk mahasiswa tentunya harus memenuhi beberapa hal yang diantaranya yaitu menjadi pendengar yang baik, wawasan keilmuan yang luas, memilah dan memilih ruang lingkup keilmuan, dapat menemukan variabel, dapat menyusun pertanyaan dari uraian variabel dan memahami ultimate goal bukan hipotesis. Baik dosen maupun mahasiswa harus memahami apa itu penelitian, penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan analisa dan kontruksi yang dilakukan secara metodologis yaitu harus sesuai dengan metode atau cara tertentu, sistematis yaitu berdasarkan suatu sistem dan konsisten yaitu tidak adanya hak-hak yang bertentangan dalam suatu kerangka tertentu," ungkap Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.