Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan penandatanganan MoU dengan Universitas Muhamadiyah (UMMI) Sukabumi yang digelar di Ruang Rapat UMMI Sukabumi (4/11). Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M. Si. beserta jajaran, Rektor UMMI Sukabumi, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd. beserta jajaran dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIDA Bogor, Drs. Denny Hernawan, MA. beserta jajaran, Dekan Fakultas Pertanian (FAPERTA) UNIDA Bogor, Dr. Deden Sudrajat, M.Si. beserta jajaran, Dekan Fakultas Pertanian UMMI Sukabumi, Dr. Amalia Nur Milla, MP. Beserta jajaran, Dekan Fakultas Administrasi dan Humaniora, Lusi Susilawati, SS., M.Hum. MoU dan MoA yaitu tentang Implementasi Tridarma Perguruan Tinggi dan Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dengan FISIP dan FAPERTA UNIDA Bogor. Kerjasama ini meliputi kegiatan antara program studi (prodi) Administrasi Publik dan prodi Agribisnis untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta antara Lembaga KUI dan DKHLN untuk memperkuat  kerjasama International khususnya untuk perusahaan di Jepang serta kegiatan-kegiatan lainnya seperti students exchange. 


Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M. Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa antar universitas khususnya antara UNIDA Bogor dengan UMMI Sukabumi itu harus berkolaborasi dan bersinergis.
"Kerjasama antara UNIDA Bogor dan UMMI Sukabumi ini tentu diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dan dalam situasi pandemi COVID-19 ini tidak menyurutkan kita untuk tetap bekerjasama dan bergerak maju. Kerjasama antara UNIDA Bogor dan UMMI Sukabumi khususnya antar prodi Administrasi Publik  dan Agribisnis UNIDA Bogor dan UMMI Sukabumi ini bertujuan untuk penyusunan dan penyelenggaraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diusung pemerintah saat ini," tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.


Rektor UMMI Sukabumi,  dalam pemaparan sambutannya menyatakan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk saling membantu dan saling mengembangkan baik itu UNIDA Bogor maupun UMMI Sukabumi. 
"Terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan kerjasama ini. Dan dengan kerjasama ini diharapkan dapat saling membantu dalam pengembangan universitas dan pengembangan penyelenggaraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka baik di UNIDA Bogor maupun di UMMI Sukabumi" ungkap Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd.