Pemerintah Desa Jambu Luwuk, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, melakukan kerjasama dengan Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Kerjasama tersebut bertujuan, untuk meningkatkan kapasitas pegawai desa dalam hal pelayanan terhadap masyarakat.

Dadan Rohmat, alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 2017 Universitas Djuanda yang juga warga Desa Jambu Luwuk mengatakan, kerjasama ini sebagai bentuk kepedulian dua lembaga terhadap Sumber Daya Manusia (SDM), baik Pemdes Jambu Luwuk maupun Unida.  “Untuk saat ini sasaran nya para perangkat desa, yakni staf desa,” ungkapnya kepada wartawan.

Selain SDM staf desa, lanjut Dadan, dalam kerjasama ini dari Universitas Djuanda juga akan memberikan ilmu yang ada di FISIP, baik itu ilmu kebijakan publik, pemerintahan dan lainnya kepada warga. “Warga umum pun nantinya akan diberikan ilmu yang sama,” ujarnya yang juga sebagai inisiator kerjasama tersebut.

Sementara, Dekan FISIP UNIDA Bogor, Deni menjelaskan, nota kerjasama ini bentuk kontribusi dan pengabdian dosen. Universitas Djuanda, lanjutnya, memberikan program atau proyek, namun bukan sejenis proyek infrastruktur, melainkan proyek atau program untuk menciptakan SDM berkualitas dan peningkatan kelembagaan. “Jadi kami akan memberikan ilmu yang berkaitan dengan tugas dan fungsinya staf desa,” jelasnya.

Kepala Desa Jambu Luwuk, Mulyana mengapresiasi kerjasama yang dilakukan Unida dengan Pemdes Jambu Luwuk. “Mudah-mudahan dengan adanya pertemuan ini akan menghasilkan SDM yang handal dan tepat guna, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih meningkat,” tukasnya.

Hadir dalam kerjasama itu, selain Dekan FISIP, Deni dan dihadiri Wakil Dekan, Seran, Ike dan Irma serta Bery Sastrawan.


** Dede Suhendar

---

Sumber Kanal Berita:
http://jurnalinspirasi.co.id/2021/02/09/tingkatkan-sdm-pemdes-jambu-luwuk-kerjasama-dengan-unida/