Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1442 H, Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bersama dengan Perguruan Amaliah serta Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) menyelenggarakan kegiatan penyembelihan dan penyaluran hewan Qurban yang tentunya dengan mererapkan protokol kesehatan yang ketat, Rabu (20/7/2021).


Berbagi merupakan sikap peduli akan sesama dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan serta memberikan sebahagian kecil kebahagiaan kita untuk orang sekitar, seperti halnya UNIDA Bogor dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H yang mengangkat tema bertajuk “Melalui momen Idul Adha, Kita Tingkatkan Kesholehan Sosial dan Ukhuwah Islamiyah di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Berbagi kepada Sesama sebagai Wujud Syukur kepada Allah SWT.

 

Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. menyatakan pada dasarnya pembagian penyaluran hewan qurban ini berasal dari internal UNIDA Bogor yang merupakan kesadaran insan UNIDA Bogor akan pentingnya qurban. Pada tahun ini juga ada hewan qurban titipan yang diantaranya berasal dari Bupati Bogor, Ade Yasin, SH., MH. dan dari KADIN Kabupaten Bogor, Shinta Dec Checawaty, SH. yang merupakan alumni dari UNIDA Bogor.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah menjadi pengurban dan semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan penyembelihan dan penyaluran hewan qurban tahun ini. Qurban ini merupakan hasil semua partisipasi insan UNIDA Bogor dan pihak yang telah bekerjasama. UNIDA Bogor juga membuka untuk siapa saja yang ingin menitipkan pemotongan dan penyaluran hewan qurban bisa diamanahkan pada Yayasan PSPIAI dan UNIDA Bogor. Dan UNIDA Bogor sebelum penyaluran diharapkan survei terlebih dahulu agar dapat diketahui wilayah mana yang banyak masyarakat kurang mampu sehingga pembagian qurban dapat lebih merata dan lebih bermakna,” ungkap Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Dalam kegiatan qurban tahun ini UNIDA  Bogor mendistribusikan secara merata pada masyarakat wilayah Ciawi dan sekitarnya, sehingga baik pengurban dan masyarakat merasakan manfaatnya secara lansung dan menjadi amal saleh terutama dalam masa sulit pandemi Covid-19 ini. Seperti yang diutarakan Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si selaku Rektor UNIDA Bogor dalam sesi wawancara.


“Terima kasih kepada para donatur yang telah mempercayakan hewan qurbannya di UNIDA Bogor. Alhamdulillah pada hari ini UNIDA telah melakukan kegiatan penyembelihan hewan kurban yang telah dititipkan oleh para donatur kepada panitia untuk dapat didistribusikan kepada para mustahik. Mudah-mudahan dalam qurban kali ini segala bentuk kebaikan dari para donatur serta semua panitia yang terlibat dapat menjadi kebaikan dan dicatat menjadi amal ibadah kita kepada Allah SWT, serta hasil dari penyembelihan hewan qurban dapat didistribusikan secara merata kepada masyarakat sekitar sebagai wujud dari bakti UNIDA kepada masyarakat terutama dalam masa sulit pandemi Covid-19 yang saat ini sedang terjadi di dunia termasuk di Indonesia,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

 

Hewan Qurban yang terkumpul pada tahun ini sebanyak 21 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Ditemui dalam kegiatan Aal Lukmanul Hakim, SH., MH selaku ketua pelaksana berharap melalui UNIDA Berbagi masyarakat dapat merasakan manfaat dari hasil pemotongan hewan qurban.


“Mudah-mudahan peran kami sebagai pelaksana dan penyalur bisa membantu pengurban, serta semoga apa yang telah diterima oleh mustahik bermanfaat dan para pengurban mendapatkan pahala yang berlimpah di sisi Allah SWT,ujarnya.

 

Sementara itu ditemui dilokasi penyembelihan hewan qurban,  Pimpinan Pondok Pesantren Bina Tauhid Amaliah, Asep Thobibudin Qolyubi, SH., MH. menyatakan bahwa Idul Adha selain ibadah juga memiliki nilai sosial. Yayasan PSPIAI, UNIDA Bogor dan juga Pondok Pesantren Bina Tauhid Amaliah ikut serta dalam penyembelihan dan penyaluran hewan qurban 1442 Hijriah tersebut.

 

“Qurban ini adalah bentuk rasa syukur atas segala rahmat dan nikmat yang telah diberikan Allah SWT dan ini merupakan kewajiban kami untuk berbagi pada sesama dengan hewan qurban khususnya. Semoga dengan Idul Adha ini selain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita juga terus meningkatkan rasa peduli terhadap sesama,” tutur Asep Thobibudin Qolyubi, SH., MH.