Program Studi (Prodi) Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor mengadakan pameran produk desain grafis di Lobby Gedung E, UNIDA Bogor pada Kamis (16/1/2020). Pameran menampilkan karya para mahasiswa-mahasiswi prodi Sains Komunikasi angkatan 2017 dengan mengusung tema “Through Design Let’s Talk to the World” yang dibuka langsung oleh Dosen pengampu Mata Kuliah Desain Grafis, Agustina M. Purnomo S.P., M.Si, yang juga turut dihadiri oleh Wakil Dekan II FISIP Ike Atikah Ratnamulyani, MM., M.Si dan Ketua Prodi Sains Komunikasi Maria Fitriah, S.Sos., M.Si.

Agustina Purnomo, S.P., M.Si mengatakan, kegiatan pameran produk desain ini merupakan tugas akhir praktikum mahasiswa Sains Komunikasi semester V yang mengambil mata kuliah yang diampunya tersebut. Adapun mengenai konsep pameran sepenuhnya diserahkan kepada para mahasiswa untuk membuat sebuah pameran yang menarik dan unik.

“Ini dalam rangka memenuhi nilai ujian akhir pada mata kuliah desain grafis, pelaksanaan kegiatan saya serahkan kepada mahasiswa untuk dapat berkreasi membuat suatu pameran yang beda dari bentuk pameran biasanya sehingga kegiatan praktikum ini menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mahasiswa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua Pelaksana kegiatan Margo Wahono menjelaskan, pameran dibalut ke dalam bentuk peragaan oleh setiap perwakilan kelompok. Terdapat 4 kelompok dengan masing-masing menampilkan 2 produk desain. Adapun beberapa produk desain diantaranya tumbler, kaos, totebag, topi hingga case handphone. Kemudian dari setiap produk desain tersebut mendapat penilaian langsung dengan mengundang juri khusus yaitu Melyani Filtania, S.I.Kom, dari Pemerintah Kota Bogor serta Acep Muhamad Rusman, dari Humas UNIDA Bogor.

“Kami ingin menunjukkan hasil kreativitas produk desain grafis mahasiswa sains komunikasi angkatan 2017 dengan membuat konsep pameran yang unik. Setiap kelompok mengirimkan perwakilan untuk catwalk di panggung yang telah disediakan dengan membawa produk desain yang telah mereka buat” tutur Margo.

Tak hanya peragaan desain produk, kegiatan pameran ini juga dimeriahkan dengan musik akustik dan penghargaan bagi para penampil produk desain terbaik.

Sementara itu, Wakil Dekan II FISIP Ike Atikah Ratnamulyani, MM., M.Si, memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang telah menyelenggarakan pameran ini. Ia menyampaikan bahwa pentingnya mahasiswa untuk terus mengembangkan kreativitas dengan masing-masing potensi yang dimiliki.

“Sangat bagus sekali, mahasiswa harus terus dapat mengasah kreativitas. Satu pesan saya yaitu harus tetap semangat untuk terus berkarya,” ujarnya. (amr)