Sebagai salah satu bentuk pengamalan Pancadarma, Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan bantuan berupa donasi uang tunai sebesar 5 juta rupiah kepada para warga terdampak bencana alam banjir bandang yang melanda wilayah Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor pada Jum’at (29/1).

Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Direktorat Kemahasiswaan UNIDA Bogor, Aal Lukmanul Hakim, SH., MH bersama tim yang menjadi perwakilan dari UNIDA Bogor. Dihimpun dari www.liputan6.com, banjir bandang yang terjadi di Gunung Mas tersebut telah mengakibatkan banyak kerugian. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bogor menyebutkan, beberapa akses jalan serta fasilitas mengalami kerusakan berat. Diantaranya ada 3 jembatan dan jalan penghubung yang mengalami kerusakan. Selain itu, sejumlah rumah warga turut rusak akibat terjangan banjir sehingga mengakibatkan sebanyak 714 jiwa harus mengungsi ke lima titik pengungsian.

Aal Lukmanul Hakim, SH., MH mengatakan, selain melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, pemberian bantuan tanggap bencana ini merupakan salah satu bentuk empati dan peduli dari keluarga besar insan UNIDA Bogor. Diharapkan dari bantuan ini dapat sedikit membantu untuk menangani kebutuhan pasca bencana yang sangat diperlukan oleh masyarakat.

“Hal ini merupakan bentuk pelaksanaan pancadarma universitas, selain itu juga sebagai bentuk empati dari insan  UNIDA kepada para korban terdampak bencana yang terjadi di Gunung Mas. Dikarenakan fokus penanganan pasca bencana yang dibutuhkan masyarakat sekarang adalah infrastruktur, pipanisasi, dan finansial, maka UNIDA alhamdulillah memberikan bantuan dana berupa uang sebesar 5 juta rupiah kepada warga yang terdampak bencana,” tuturnya.

Menyikapi hal itu, Muhammad Muhaji, perwakilan warga dari RT 01/03 Kampung Gunung Mas menyebutkan bahwa bantuan langsung tersebut tentunya sangat diperlukan oleh warga mengingat kejadian bencana banjir bandang ini merupakan hal yang pertama kali terjadi. Terlepas dari hal itu, Muhammad Muhaji menuturkan terima kasih kepada seluruh insan UNIDA Bogor atas bantuan yang telah diberikan.

“Mudah-mudahan jangan sampai terjadi bencana seperti ini lagi, dalam artian aman, tentram kaya dulu. Ini baru pertama kali terjadi di Gunung Mas, harapannya ini yang pertama dan terakhir, jangan terjadi lagi lah. Untuk bantuan dari UNIDA ini, saya perwakilan dari warga yang benar-benar terdampak mengucapkan jazakumullah ahsanal jaza, hanya Allah yang bisa membalas kebaikan semuanya, khususnya insan UNIDA Bogor. Mudah-mudahan berkah untuk semua, UNIDAnya pun lebih maju dan mahasiswanya pun mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat,” ujarnya.