Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Ramah Tamah dan Penandatanganan MoA antara Fakultas Pertanian (FAFERTA) UNIDA Bogor dengan FAPERTA Universitas Asahan (UNA) Sumatera Utara yang digelar secara luring di Ruang Senat UNIDA Bogor tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat (18/11). Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ristika Handarini, MP beserta jajaran, Dekan Fakultas Pertanian (FAPERTA) UNIDA Bogor, Dr. Deden, M.Si, Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. Dan di pihak UNA diantaranya Wakil Rektor I UNA, Dr. Sri Rahayu, M.Pd, Wakil Rektor II UNA, Abdul Rahman, SE., M.Pd., M.Si, Dekan FAPERTA UNA, Safrudin, SP., M.MA, Dekan FH UNA, Dr. Bahmid, SH., M.Kn. Kegiatan ini berfokus pada silaturahmi dan penandatanganan MoA antara FAPERTA UNIDA Bogor dan FAPERTA UNA.

Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ristika Handarini, MP. dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ini dimanfaatkan untuk penyelenggaraan kerjasama UNIDA Bogor dan UNA ini yang dimana ada 14 mahasiswa UNA yang melaksanakan PMM di UNIDA Bogor. Kegiatan penerimaan pertukaran mahasiswa ini menjadi pengalaman luar biasa yang diharapkan dapat menambah kompetensi, menambah wawasan dan menambah pengalaman bagi mahasiswa yang ikut PMM terutama mahasiswa UNA yang di UNIDA Bogor diharapkan agar bisa mengambil rohnya UNIDA Bogor yaitu Kampus Bertauhid.

"Terkait dengan PPM, diharapkan semua perguruan tinggi yang mengikuti PMM ini dapat membuat dan menadatangani MoU dan MoAnya antara perguruan tinggi walaupun sudah ada MoU kolektif dari Kemendikbudristek. Modul nusantara diharapkan dapat mempersatukan khebinekaan diantara mahasiswa PMM. Dalam MBKM ini harus saling mendukung diantara universitas karena dengan saling mendukung maka MBKM akan lancar dilaksanakan yang pada saat ini MBKM ini sangat penting pada indikator pencapaian perguruan tinggi," tutur Dr. Ristika Handarini, MP.

Wakil Rektor I UNA, Dr. Sri Rahayu, M.Pd. dalam sambutannya menyatakan bahwa banyak hal untuk dipelajari antar perguruan tinggi tentu dengan kerjasama maka akan sangat bermanfaat.

“Terima kasih kepada mahasiswa UNIDA Bogor yang telah menerima kami dengan sambutan hangat dan semoga silaturahmi dan jalinan kerjasama antara UNA dan UNIDA Bogor dapat berjalan sesuai harapan. Dalam PMM yang sedang dilaksanakan tentunya diharapakan mahasiswa harus mendapatkan pengetahuan baik dari segi akademik maupun non akademik dan dalam PMM ini mahasiswa dapat belajar budaya lain sehingga PMM ini dirasa sangat bermanfaat dan baik bagi mahasiswa,” tutur Dr. Sri Rahayu, M.Pd.

Dekan FAFERTA UNIDA Bogor, Dr. Deden Sudrajat, M.Si dalam pemaparannya menyatakan bahwa di FAPERTA UNIDA Bogor ada 4 program studi diantaranya Agroteknologi, Agribisnis, Akuakultur dan Peternakan dan dalam kerjasama yang dijalankan nanti akan ada beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan seperti pertukan mahasiswa yang sedang dilaksanakan sampai ke pertukaran dosen yang bisa dilakukan dalam kerjasama ini serta dalam alam aspek penelitian maka kolaborasi diperlukan dan sangat penting pada saat ini yang bisa dilaksanakan juga dalam kerjasama antara UNIDA Bogor dan UNA.

Dekan FAPERTA UNA, Safrudin, SP., M.MA. menambahkan bahwa FAPERTA UNA termasuk prodi baru dan ada sekitar 500 mahasiswa sehingga kolaborasi ini diperlukan untuk meningkatkan kapasitas kedua belah pihak dan kerjasama lainnya dapat dalam hal jurnal tentu diharapkan jurnal UNA dapat meningkat begitupun sebaliknya.