Delegasi Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, pada hari Rabu (31/03) melanjutkan tour kunjungan kerja sama ke salah satu kampus kesehatan dan teknologi terbaik di Kota Istanbul yaitu Üsküdar Üniversitesi, setelah sebelumnya mengunjungi Haliç Üniversitesi.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Hubungan Internasional Üsküdar Üniversitesi Prof. Muhsin Konuk menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik atas kunjungan dan kerja sama yang dilakukan oleh UNIDA Bogor, yang mana sampai dengan saat ini Üsküdar Üniversitesi telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 100 universitas di Amerika maupun Eropa, serta 400-an universitas yang ada secara internasional.

“Universitas Üsküdar merupakan pusat penelitian dan kesehatan otak (Beyin Üssü) terbaik di Turki. ÜÜ tidak hanya menjadi pusat penelitian Neurologis dan Psikologi Klinis Modern namun juga menjadi pusat penelitian riset kesehatan alternatif yang dikembangkan oleh ilmuan klasik Turki dengan pendekatan sufi, dimana Üsküdar Üniversitesi memiliki pusat kajian Sufi yang hanya ada 2 tempat di Turki (Konya dan Istanbul),” tutur Prof. Muhsin Konuk.

Prof. Muhsin berharap kerja sama dengan UNIDA Bogor yang berasal dari Indonesia akan lebih baik, karena Duta Besar Turki untuk Indonesia untuk saat ini, merupakan salah satu dosen dan pendiri kajian sufi di Üsküdar Üniversitesi, yaitu Prof. Mahmud Erol K?l?ç.

Sementara itu, Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH menyampaikan ketertarikannya terhadap Üsküdar Üniversity yang menerapkan sains terapan dengan sangat baik karena mengkombinasikan keilmuan dari Timur dan Barat.

“Sebagai pusat riset teknologi Fakultas Teknik dan Kesehatan, khususnya bidang Neurologis dan kesehatan Otak, maka ini merupakan kampus tematik yang memiliki fokus tersendiri,” ujar Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Penandatangan MoU serta MoA dengan Üsküdar Üniversity ini merupakan sebuah implementasi tridarma dan perwujudan visi-misi UNIDA Bogor untuk meningkatkan relasi luar negeri sekaligus kerja sama pada bidang riset dan pertukaran akademisi diantara kedua universitas.

Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kerjasama Üsküdar Üniversitesi dan UNIDA Bogor sangat strategis karena kedua kampus memiliki visi yang sama.

“Oleh karenanya dengan kunjungan dari UNIDA Bogor ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara dua Universitas dan kedua negara dalam bidang pendidikan. Apalagi Dubes Turki, Bapak Erol K?l?ç merupakan salah satu Profesor di Üsküdar Üniversity ini,” ungkap Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

 

Sumber: Press release/PR-BME & beritaturki.com