Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan kegiatan Open House dan Informasi Beasiswa Tahun Akademik 2021/2022 bagi siswa/i calon mahasiswa baru, para guru SLTA, serta para orang tua wali murid yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting pada Sabtu (22/1/2022).

Kegiatan ini diisi oleh Wakil Rektor III UNIDA Bogor Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si, Direktur Direktorat Promosi, Marketing dan Penerimaan Mahasiswa Baru (DPMPMB) Gugun Gunadi, S.Pd.I, M.Pd, Direktur Direktorat Kemahasiswaan (DITMAWA) Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si, serta Pimpinan Pondok Pesantren Mahasiswa Bina Tauhid (PP MABIT) Dr. (Cand) Sudiman Sihotang, SH., MH.

Hadir memberikan sambutan, Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menuturkan, kegiatan open house ini merupakan bagian dari upaya untuk memberikan informasi guna mengenal lebih dekat UNIDA Bogor, khususnya mengenai penerimaan mahasiswa baru serta berbagai informasi program beasiswa.

“Intinya memang yang pertama kita silaturahmi antara UNIDA Bogor dengan berbagai stakeholder, diantaranya guru, siswa dan termasuk para orang tua. Selain itu, maksud dan tujuan dari open house ini juga untuk memperkenalkan secara institusi tentang UNIDA Bogor, seperti diantaranya apa saja prestasi yang sudah diraih. InshaAllah apa yang disampaikan akan bermanfaat bagi kita, khususnya bagi orang tua yang akan memilih perguruan tinggi,” tuturnya.

Secara garis besar, saat ini UNIDA Bogor berada pada peringkat 71 perguruan tinggi non vokasi terbaik di Indonesia. Kemudian dari aspek penelitian, UNIDA Bogor berada pada peringkat ke-49. Lalu terkait dengan kinerja pengabdian kepada masyarakat, UNIDA Bogor berada pada klaster Sangat Bagus yang artinya satu klaster di bawah klaster Mandiri.

“InshaAllah untuk para guru maupun para orang tua jangan ragu menitipkan putra-putrinya di UNIDA Bogor. Selain secara kualitas di tingkat nasional yang sudah sangat diakui, juga mengedepankan pendidikan karakter. Kita memiliki program pembinaan ketauhidan melalui 21 Nilai Karakter Tauhid, yang ultimate goals-nya ialah takwa. 21 Nilai Karakter Tauhid ini mengadopsi muatan lokal atau Local Wisdom dari tataran sunda, Kemudian muatan National Wisdom, International Wisdom, dan juga tentunya muatan religius yang mengadopsi sifat-sifat Rasulullah SAW,” ujar Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menambahkan.

Selanjutnya pada sesi pemaparan materi, Wakil Rektor III UNIDA Bogor Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si mengatakan, di tahun 2022 ini UNIDA Bogor memasuki usia ke-35 tahun. Hal ini menjadi pemicu semangat bagi UNIDA Bogor untuk terus dapat memberikan yang terbaik sehingga membawa kebermanfaatan dan keberkahan bagi ummat. Lebih jauh, Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si menyampaikan sejarah berdiri serta profil UNIDA Bogor secara keseluruhan.

“UNIDA Bogor mengambil nama dari Ir. H. Djuanda Kartawidjaja karena beliau adalah salah satu pahlawan berdarah Sunda, lahir di Tasikmalaya, yang peran dan karya-karyanya sungguh luar biasa. Bisa kita lihat bahwa gagasan beliau diakui oleh seluruh dunia, sehingga menjadikan Indonesia yang merupakan negara kepulauan ini menjadi satu nilai dasar untuk dapat memanfaatkan potensi kelautan yang kita miliki,” ujarnya.

Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si menambahkan, saat ini UNIDA Bogor memiliki 7 Fakultas dengan 17 Program Studi dan 1 Sekolah Pascasarjana dengan 3 Program Studi. Terbaru, telah dibuka jenjang Strata-1 (S1) Program Studi Ilmu Komputer serta masih dalam proses perintisan untuk pembukaan jenjang Strata-3 (S3) Program Doktoral Ilmu Hukum.

Sementara itu, Gugun Gunadi, S.Pd.I., M.Pd menjelaskan mengenai berbagai program beasiswa di UNIDA Bogor. Mulai dari program beasiswa Pendidikan Kader Dakwah (PKD), beasiswa penghafal Al-Qur’an, beasiswa Akademis dan Non Akademis, beasiswa Bagimu Guru, beasiswa Bagimu Santri, serta beasiswa yang bersumber dari pemerintah.

“UNIDA Bogor memberikan penghargaan dan apresiasi bagi para penghafal A-Qur’an melalui berbagai program beasiswa, salah satunya yakni beasiswa bidang penghafal Al-Qur’an yang dibagi menjadi 3 bagian. Pertama, bagi penghafal Al-Qur’an 30 juz, berhak mendapat beasiswa berupa gratis SPP penuh selama 8 semester. Kedua, bagi penghafal Al-Qur’an 20 juz berhak mendapat gratis SPP 4 semester. Ketiga, bagi penghafal Al-Qur’an 10 juz mendapat gratis SPP selama 2 semester, tentunya dengan melampirkan persyaratan-persyaratan. Khusus bagi yang memilih prodi Pendidikan Bahasa Arab, ada tambahan beasiswa 100% bebas biaya SPS,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si menyampaikan terkait dengan program beasiswa dari luar UNIDA Bogor yang bisa dirasakan manfaatnya oleh para mahasiswa UNIDA Bogor. Baik itu program beasiswa yang berasal dari pemerintah dan stakeholder eksternal lainnya.

Di akhir, penjelasan oleh Dr. (Cand) Sudiman Sihotang, SH., MH mengenai program beasiswa Pendidikan Kader Dakwah (PKD) yang menjadi unggulan bagi para calon mahasiswa yang bercita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an.

“Program beasiswa PKD diinisiasi oleh Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia, yang kemudian Pondok Pesantren Mahasiswa Bina Tauhid berperan sebagai penyelenggara. Dalam hal ini, setiap calon mahasiswa berpeluang mendapat beasiswa PKD, tidak terkecuali, dengan syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi terlebih dahulu untuk kemudian diseleksi,” terangnya.

Sebagai tambahan, informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNIDA Bogor dapat menghubungi narahubung berikut :

Pak Miftah (081380950313)
Pak Adi (082210734147)

Atau melalui media sosial :

Instagram : @unida_bogor
Facebook : PMB Universitas Djuanda Bogor
Twitter : @PMBUnidaBogor
YouTube : UNIDA TV

Adapun pendaftaran mahasiswa baru UNIDA Bogor secara online dapat diakses melalui laman website https://unida.ac.id/pmb/