Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melalui Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) selenggarakan Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2022 bagi para mahasiswa secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting pada Rabu (9/3/2022).

Kegiatan sosialisasi ini diisi oleh Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si (Direktur Ditmawa UNIDA Bogor), Ir. Nur Rochman, MP (Kepala Bidang Prestasi dan Pembinaan Mahasiswa Ditmawa UNIDA Bogor), Drs. G. Goris Seran, M.Si (Wakil Dekan III FISIP UNIDA Bogor), Rosy Hutami, S.TP., M.Si (Dosen FTIPH UNIDA Bogor), serta Titi Rohmayanti, S.Si., M.Si (Dosen FTIPH UNIDA Bogor).

Turut hadir memberikan sambutan, Wakil Rektor III UNIDA Bogor Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si mengatakan, sosialisasi ini adalah salah satu rangkaian kegiatan rutin yang diselenggarakan dalam menghadapi PKM. Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si berharap melalui sosialisasi ini para mahasiswa maupun para dosen pembimbing dapat menyiapkan dengan baik guna mendapatkan hasil maksimal yang kemudian dapat melangkah jauh ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

“Seperti biasanya kita melaksanakan sosialisasi sebagai satu tahapan untuk dapat mendapatkan hasil maksimal. Mohon nanti bisa disiapkan oleh Direktorat Kemahasiswaan bersama dengan fakultas untuk melakukan pemetaan sehingga target bisa direalisasikan. Ini bisa kita desain dari sekarang sesuai dengan skema PKM,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si menyampaikan bahwasanya sosialisasi ini menjadi modal bagi insan akademik UNIDA Bogor, khususnya para mahasiswa dan para dosen pembimbing untuk dapat mendedikasikan diri, mengaktualisasikan diri sesuai bidangnya. Selain itu, juga untuk menyampaikan bahwa UNIDA Bogor memiliki mahasiswa berkapasitas, berkompetensi, dan mampu bersaing dengan mahasiswa lainnya dalam konteks berbagai macam program kreatifitas.

“Ini modal mahasiswa untuk bisa membangun ide atau gagasan yang cemerlang, yang tentu saja harus bersifat futuristik. Membangun cita, mempunyai gagasan inovatif, kreatif, sehingga dari gagasan itu kemudian dapat diaktualisasikan sebagai insan akademis untuk bisa berkarya menarasikan ide itu dalam bentuk tulisan,” tuturnya.

“Prestasi mahasiswa ini tentu saja akan mencerminkan bagaimana proses implementasi tridarma yang dilakukan oleh para insan akademis. Kita juga memiliki dua hal lagi yang menjadi ciri khas, yang dinamakan pancadarma, dua hal lain itu adalah profesionalitas dan ketauhidan. Lalu kita memiliki 21 nilai karakter tauhid, yang diharapkan dapat diinternalisasi dalam berbagai macam kegiatan kemahasiswaan,” tambahnya.

Pada sesi pemaparan materi, Ir. Nur Rochman, MP mengemukakan, PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi sebagai salah satu upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang berorientasi ke masa depan untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa dengan memiliki karakter daya saing yang berkarakter pancasila.

“Kepada para mahasiswa, harus yakin dulu, kita harus mulai terlebih dahulu, tentu dengan kolaborasi antar sesama pihak, baik itu terkait dengan isi proposal program maupun perihal administrasi. Ini yang penting, ide harus orisinal, harus inovatif yang bisa memecahkan permasalahan di saat ini,” ujarnya.

Ir. Nur Rochman, MP memaparkan, para mahasiswa yang mengusulkan proposal PKM akan dilakukan pemeriksaan final dan penyeleksian agar mengirimkan dan mendapatkan hasil yang terbaik. Para mahasiswa dapat ikut berpartisipasi aktif mengikuti program ini dengan mengajukan proposal sesuai skema PKM yang diminati.

“Di dalam PKM tahun ini, ternyata ada 10 bidang dimana yang di-PIMNAS-kan ada 9 bidang, kecuali proposal PKM Artikel Ilmiah yang akan langsung ke prosiding. Perlu diketahui juga bahwa saat ini, kegiatan PKM bertujuan untuk mendukung program MBKM sehingga akan berkontribusi terhadap berbagai keilmuan. Maka dari itu, kepada para wakil dekan, para mahasiswa, ini perlu disiapkan sejak awal,” pungkasnya.