Direktorat Pembelajaran dan Hilirisasi Universitas Djuanda Bogor menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis KKNI, SNPT dan Karakter Tauhid pada Jum’at, 11 Januari 2019. Bertempat di ruang kuliah sekolah pascasarjana, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Djuanda Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menyampaikan bahwa perlu adanya penyelarasan rencana pembelajaran semester, terlebih dalam dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun harus mencerminkan tauhid sesuai dengan motto kampus sebagai kampus bertauhid.

“Harus ada RPS yang mencerminkan tauhid, tidak hanya sekedar templating,” ujarnya.

Dr. Ir. Dede Kardaya juga menambahkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari tidak akan terlepas dari ayat-ayat Al-Qur’an yang merupakan pedoman bagi umat manusia. Karakter Tauhid yang dimasukkan ke dalam penyusunan RPS merupakan integrasi antara kajian ilmu yang diajarkan dengan ayat-ayat kauniyah yang ada dalam Al-Qur’an.

“Kita perlu mempelajari ayat-ayat kauniah agar dapat diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, agar kita lebih banyak berfikir dan menggali makna dari ayat-ayat tersebut,” tambahnya. 

Turut hadir Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Hj. Elis Dihansih, M.Si yang memberikan pengantar. Dalam pengantarnya tersebut Dr. Hj. Elis Dihansih, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini juga didasari atas siaran dari Rapat Kerja Nasional Kemenristekdikti yang diselenggarakan di Universitas Diponegoro beberapa waktu lalu mengenai pembelajaran dan kemahasiswaan yang menekankan mulai saat ini perlu adanya penyesuaian sistem dan kurikulum yang diintegrasikan dengan sistem pembelajaran online ataupun blended learning tanpa menambah SKS.

“Sebetulnya perihal pembelajaran online ini kita sudah mulai, terutama di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang sudah dilaksanakan sejak tahun kemarin. Kemudian untuk seluruh program studi sudah dimulai dengan minimal 2 mata kuliah per-program studi,” paparnya.

Sementara itu, Dr. Widyasari, M.Pd sebagai ketua pelaksana kegiatan menyampaikan harapan dari kegiatan ini agar setiap program studi dapat menghasilkan struktur kurikulum yang berbasis KKNI, SNPT dan memasukkan Karakter Tauhid pada semua Rencana Pembelajaran Semester sebagai ciri dan gambaran ketauhidan yang dimiliki oleh Universitas Djuanda Bogor.

“Targetnya pada semester genap, RPS yang terintegrasi tersebut sudah menjadi lampiran dalam struktur kurikulum. Kami mencoba menjabarkan dan menyusun skala sikap dalam KKNI agar terintegrasi dalam karakter tauhid yang akan dimasukkan ke dalam struktur kurikulum masing-masing program studi. Selanjutnya di awal Februari akan ada kegiatan lanjutan dari Direktorat Pembelajaran dan Hilirisasi bekerja sama degan Lembaga Pengkajian dan Penerapan Tauhid berupa Focus Group Discussion untuk menyepakati karakter tauhid berikut penilaiannya,” Tutur Dr. Widysari, M.Pd yang juga merupakan Direktur Pembelajaran dan Hilirisasi Universitas Djuanda Bogor. (DPHP)